Tour The Flores Dimulai 19 Mei 2016

0
194

KUPANG, NTTsatu.comTour The Flores yang menghadirkan ratusan pesepeda dari berbagai negara yang mengambil titik star dari Larantuka, Flores Timur tanggal 19 Mei 2016 dan finish di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Para peserta Tour The Flores menggunakan sepeda yang dibawah langsung dari negaranya masing-masing.

“Peserta berasal dari 15 negara dengan masing-masing negara sekitar 15 pesepeda. Mereka akan tiba di Maumere tanggal 16 Mei selanjutnya ke Larantuka dan Lembata. Dan tanggal 19 Mei mulai star dari Larantuka,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Welly Rohimone.

Welly yang ditemui NTTsatu.com di ruang kerjanya, Selasa, 01 Maret 2016 menjelaskan, sejumlah kementerian dikoordinir Menko Meritim sudah menyetujui proposal yang dikirim panitia penyelenggara Tour The Flores dengan dana yang diajukan sekitar Rp 30 miliar.

Sejumlah kementerian yang ikut mengambil bagian dalam kegiatan berskala internasional dengan tujuan promosi pariwisata di daerah ini terutama di Flores yakni Kementerian Pariwisata, Kementeria Perhubungan, kementerian Pekerjaan Umum dan beberapa kementerian lainnya.

Dana sebesar Rp 30 miliar itu kata Welly, pemerintah Provinsin juga akan menyiapkan sejumlah dana dan diharapkan pemerintah Kabupaten se Flores dan Lembata juga bisa mengambil bagian dalam kegatan besar tersebut.

“Yang pasti, pemerintah provinsi juga berkontribusi dalam kegiatan ini, sementara pemerintah Kabupaten se Flores dan Lenbata belum memberikan jawaban, tapi kita berharap mereka juga berkontribusi,” harapnya.

Welly mengatakan, dana sebesar itu akan dimanfaatkan oleh panitia penyelenggara yang merupakan sebuah LSM untuk biaya akomodasi para peserta tour the Flores sejak mereka berada di Flores hingga kembali ke negara mereka masing-masing.

Dia juga menjelaskan, para peserta memulai star dari Larantuka tidak menyinggahi semua ibu kota kabupaten di Flores. Peserta hanya tinggal dan menginap di Larantuka, Maumere, Ende, Bajawa, Ruteng dan Labuan Bajo.

“Kita lakukan ibven berskala nasional ini untuk memepromosikan potensi pariwisata di Flores. Selanjutnya pada bulan Oktober nanti akan digelar Tour The Timor dengan titik star dari Dili, Timor Leste dan finis di Kupang,” katanya. (bp)

======

Foto: Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Welly Rohimone

Komentar ANDA?