TPI Borong “Dikuasai” Kaum Ibu

0
206

BORONG. NTTSatu.com – Tempat Pendaratan Ikan (TPI) di Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) “dikuasai” kaum ibu rumah tangga. Perahum atau sampan yang pulang melaut membawa ikan langsung diserbu kaum ibu, mereka membeli kemudian menjuualnya ke pasar.

Kaum ibu rumah tangga dengan rasa percaya diri berjuang membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan berusaha sekuat tenaga untuk mendapakan uang demi pembiayaan pendidikan anak-anak mereka.

Pantauan NTTSatu.com selama beberapa hari terakhir ini, TPI Borong didominan oleh para ibu, baik itu di tempat  penjualan ikan kering maupun ikan menta di pasar Borong.

“Penjual ikan di TPI Borong hampir sebagian besar adalah kaum ibu, ada yang menjual ikan kering dan ada yang menjual ikan mentah yang dibeli dari para nelayan,” kata Ibu  Sumiati warga Kelurahan Rana Loba Kota Borong.

Tempat mereka menjual ikan bukan hanya di TPI pasar Borong  tetapi ada juga warga  menjual ikan keliling kota Borong engan berjalan kaki dari rumah ke rumah.

Pekerjaan ini mereka lakukan untuk  membantu suami mereka dalam memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga apalagi ada anak yang harus melanjutkan pendidikan hingga bangku kuliah.

Kesadaran akan pendidikan anak inilah  mendorong mereka untuk menjual ikan sebagai salah satu tambahan penghasilan  keluarga.

“Kita mau bantu anak-anak   agar mereka bisa sekolah. Sangat sulit  bantu anak di bangku kuliah, tapi kita harus berusaha dengan berbagai cara namun halal,” tegas Sumiati  lagi.

Sementara Wempi Kedaru warga kota Borong yang dimintai pendapatnya terkait IRT yang aktif sebagai pedagang ikan mentah di Borong mengatakan, sangat kagum dengan para ibu yang menjual ikan di TPI.

“Zaman sekarang merupakan kesetaraan jender antara kaum Hawa dan Adam. Mencari nafkah tidak hanya tugas kaum lelal, karena itu kaum perempuan khusunya kaum ibu harus bisa membantu suami dengan pekerjaan-pekerjaan yang mendatangkan uang,” katanya.

Ditambahakanya, alangkah baik para IRT membentuk wadah atau organisasi sehingga ke depan pemerintah bisa memeperhatikan usaha yang digeluti kaum ibu ini. (mus)

=====

Keterangan Foto : Para ibu sedang menjemput ikan di pantai untuk dijual

Komentar ANDA?