Tuhan Menjawab Doa UmatNya dengan Pelbagai Kejutan

0
289

KUPANG. NTTsatu – Setiap Doa yang diucapkan manusia selalu di dengar Tuhan. Namun jawaban-jawaban yang diberikanNya selalu dalam pelbagai kejutan yang tidak disadari.

“Setiap dua yang kita sampaikan kepada Tuhan dengan penuh iman dan keyakinan, selalu dijawabnya. Namun jawaban Tuhan atas doa kita selalu mengejutkan. Artinya, tanpa kita sadari, Tuhan selalu memberikan jawaban atas doa-doa kita itu,” demikian sari kotbah Praeses Seminari Tinggi St. Mikhael Penfui, Kupang Romo Herman Punda Panda, Pr dalam homilinya pada Misa Kudus Malam Paskah, Sabtu, 4 April 2015 di Kapela Lembaga Pendidikan calon Imam itu.

Romo Herman mengatakan, kisah penderitaan dan Wafat Yesus Kristus telah mencapai puncaknya yakni kebangkitanNya dari kubur. Kisa kebangkitan Kristus Yesus menorehkan sejumlah point penting yang harus direnungkan bersama dalam perisitiwa malam paskah ini.

Perlama adalah: Kisah Kubur kosong yang ditemukan para muridnya. Warta kebangkitan Kristus tersingkap melalui misteri kubur kosong atau makam kosong. Kubur kosong ini mewartakan bahwa Yesus benar-benar sudah bangkit. Jika kubur itu tidak dalam keadaan kosong berarti Tuhan Yesus tidak bangkit.

Misteri kedua adalah perempuan-perempuan yang mendatangi kubur Yesus dan menemukan kubur itu sudah kosong, Para murid Yesus khususnya kaum perempuan yang senantiasa dekat dengan Yesus mendatangi kubur dengan membawa pelbagai barang untuk melihat kubur Yesus, Ternyata kubur itu sudah kosong.

Misteri terakhir adalah pemuda yang berada di taman itu. Anak muda itu adalah seorang malaikat Tuhan yang diutus Tuhan sendiri untuk menyampaikan dan menegaskan bahwa Yesus yang dikuburkan di makam itu sudah bangkit.

Menurut Romo Herman, kaum peremuan yang datang ke kubur Yesus mengharapkan bisa melihat jenazah Yesus dari balik batu kuburnya dan ingin meminyaki dan merempah-rempahi jenazah Yesus. Ternyata, kubur sudah kosong dan pemuda itu mengabarkan kepada mereka bahwa Yesus sudah bangkit.

“Kejutan-kejutan Allah selalu kita alami setiap saat. Apa yang kita inginkan dan kita sampaikan kepadaNya dengan penuh iman dan kepercayaan, selalu dijawab Tuhan, tetapi dengan kejutan-kejutan yang tidak kita sadari sebelumnya. Karena itu marilah kita selalu hidup dengan penuh kesadaran setiap saat,” pesan Romo Herman.

Kisah kebangkitan Yesus lanjut Romo Herman, harus benar-benar menggugah nurani kaum Kristiani untuk selalu hidup penuh kesadaran. Kisah kebangkitan Kristus yang ditandai dengan Terang dan Air senantiasa mengantar kita untuk hidup dalam terang, karena Yesus sendiri sendiri sudah menyatakan bahwa Dia adalah terang dan sumber khidupan. (iki)

Komentar ANDA?