UMP NTT 2016 Diusulkan Rp 1.425.000

0
261

KUPANG. NTTsatu.com – Upah Minimum Prrovinsi (UMP) tahun 2016 diusulkan senilai Rp 1.425.00. Usulan UMP tersebut sudah dikirim kepada gubernur NTT untuk mendapat penetapan.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Sarabiti Abdul Fatah pada kegiatan Sosialisasi Fasilitas Pekerja/Buruh di Hotel Grenia, Kupang, akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, UMP NTT 2016 tersebut sudah dibahas bersama instansi dan elemen terkait lainnya. Sekarang, sedang dalam proses pengusulan untuk ditetapkan gubernur untuk diberlakukan pada waktunya.

Menurutnya, upah merupakan salah satu dari dua instrumen untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh, selain instrumen non upah. Upah merupakan reward (penghargaan) yang diberikan oleh pemberi kerja atas prestasi yang dimiliki pekerja.

Dalam kaitan dengan upah ini, katanya, pemerintah provinsi memiliki kewenangan untuk mengatur standar terendah di wilayahnya masing-masing dalam bentuk UMP. Dan, UMP wajib hukumnya ditaati para pemberi kerja.

Sementara non upah, lanjut Sarabiti, merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pemberi kerja dengan mengikutsertakan pekerja dalam jaminan sosial seperti jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian, serta jaminan kesehatan.

“Kalau dulu, jaminan kesehatan yang ditangani Askes, sekarang oleh BPJS Kesehatan. Sedangkan, jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian yang ditangani Jamsostek, kini ditangani BPJS Ketenagakerjaan,” terang Sarabiti.

Dia menambahkan, kesejahteran pekerja sangat penting untuk membangun hubungan industrial yang harmonis antara pemberi kerja dan pekerja. Keduanya memiliki hubungan saling melengkapi satu sama lain.

Ketua Panitia Petrus Atin dalam laporannya mengatakan, sosialisasi fasilitas kesejahteraan buruh melibatkan para peserta dari sejumlah perusahaan dan utusan dari instansi terkait.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pemberi kerja dan pekerja tentang hak dan kewajibannya masing-masing, terutama dalam membagun hubungan industrial yang harmonis.

Untuk diketahui, UMP NTT 2016 yang diusulkan Rp 1.425.000 tersebut mengalami kenaikan Rp 175.000 dari UMP 2015 sebesar Rp 1.250.000.(bp)

======

Foto: Ilustrasi para pekerja

Komentar ANDA?