Undana Kupang Gelar Wisuda Virtual, Tali Toga Dipindahkan Orangtua

0
1218
NTTsatu.com — KUPANG —  Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menggelar wisuda, Selasa (30/6/2020). Pelepasan 313 wisudawan kali ini berbeda, karena dilakukan secara virtual atau online sebagai dampak pandemi virus corona atau covid-19.

 

Wisuda online ini pun menjadi sejarah pertama sepanjang lahirnya Undana Kupang. Pemindahan tali toga wisudawan dilakukan sendiri oleh orangtua dari rumah masing-masing.

Wisuda virtual ini mendapat apresiasi dari orangtua wisudawan, Adrianus Ndu Ufi. Menurut dia, wisuda virtual yang digelar undana merupakan sejarah baru di dunia perguruan tinggi di NTT.

Pemindahan tali toga yang didelegasikan kepada orangtua, merupakan sebuah kehormatan universitas terhadap orangtua.

“Ini membuktikan perguruan tinggi sangat menghargai orangtua melalui pendelegasian tugas dan kewenangan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (30/6/2020).

Menurut dia, wisuda virtual sangat membantu orangtua wisudawan yang berada di daerah karena dapat mengurangi biaya pengeluaran.

Hal positif lain, menurut dia, meminimalisir kebiasaan pesta pora yang menimbulkan keributan.

“Mahasiswa yang kuliah saat ini banyak yang datang dari daerah. Ketika wisuda seperti ini, tentu mereka harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk menghadiri acara. Ini hal baru tetapi sangat membantu,” katanya.

Mantan anggota DPRD Provinsi NTT ini juga menyoroti penerbitan ijazah palsu oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Oknum-oknum itu biasanya memanfaatkan momen wisuda untuk mencetak ijazah ilegal.

“Jika wisuda virtual, jejaknya digitalnya jelas. Tidak bisa ditipu. Pemerintah harus memastikan mahasiswa mengikuti pendidikan sesuai syarat yang ditentukan sehingga menghindari penerbitan ijazah palsu,” imbuhnya.

Sementara Rektor Undana Kupang, Prof. Fredrik L. Benu, mengatakan, wisuda diselenggarakan secara daring sesuai dengan ketentuan peralihan pembatasan sosial berskala besar dalam menghadapi pandemi covid-19.

Sejak berdiri hingga hari ini, Undana telah mewisuda 69.644 orang wisudawan, yang terdiri atas wisudawan doktor, magister, profesi, sarjana, dan diploma.

Ia berharap, para wisudawan mampu secara dinamis menyesuaikan diri dengan perubahan dan menjadi penggerak cita-cita mulia pembangunan NTT, pembangunan nasional, bahkan pembangunan peradaban.

“Harus mencontohi alumni-alumni Undana yang telah berkontribusi bagi pembangunan nasional,” katanya.
Ia mengatakan, memasuki tatanan normal baru 15 Juni 2020 lalu, Undana telah melaksanakan persiapan secara bertahap dengan menyiapkan protokol penyelenggaraan tatanan normal baru dalam bentuk peraturan rektor.
Peraturan rektor tersebut untuk menjamin tersedianya ketentuan yang mengikat dalam penyelenggaraan kegiatan akademik maupun non-akademik bagi seluruh sivitas akademika dalam memasuki tatanan normal baru secara produktif dan aman.
Peraturan Rektor tersebut mengatur bukan hanya kegiatan akademik, namun juga mengatur forum akademik dan program internasional serta penanggulangan Covid-19 di dalam kampus.

“Melalui peraturan ini kami sangat berharap, Undana menjadi lebih berhasil dalam menyintas Covid-19,” tandasnya. (Dian/tim)

======

Foto : Adrianus Ndu Ufi didampinggi istri saat memindahkan tali toga anaknya, dr. Felin Aprilaineld Ndu Ufi, S.Ked saat pelaksanaan wisuda virtual

Komentar ANDA?