Upacara Adat Minta Perindungan Leluhur di Lokasi Harnus

0
88
Foto: Tetua adat sedang melakukan seremini adat di panggung utama Harnus Lembata 2016

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Sesuai adat kebiasaan masyarakat Lembata, demi kesuksesan sebuah hajatan besar seperti Hari Nusantara (Harnus) ini, para tokoh adat Lembata menggelar upacara adat di lokasi itu meminta perlindungan leluhur.

Seperti disaksikan NTTsatu.com, Jumat, 09 Desember 2016 siang, upacara adat itu dilaksanakan di panggung utama Harnus oleh dua tokoh adat Lembata, Nikodemus Nuho dan Markus Muri disaksikan penjabat bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk dan Ketua DPRD Lembata, Ferdinandus Koda.

Kedua tokoh adat itu melakukan seremoni adat dengan tuak, tembako dan bahan-bahan adatnya untuk arwah leluhur Lembata dengan tujuan agar meminta bantuan dan perlindungan mereka sehingga perayaan besar ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

“Ini budaya kita, karena itu kita member makan dan minum kepada leluhur lewotanah kita agar mereka menjaga dan melindungi kita semua terutama seluruh rangkaian acara Harnus yang akan dibuka sore ini dapat berlangsung dengan baik demi kehormatan dan kejayaan tanah Lembata,” jelas Nikodemus Nuho pria berkumis dan janggot panjang ini. (bp)

Komentar ANDA?