Upaya Danlantamal VII Tingkatkan Keterampilan Prajurit Saat Operasi Laut

0
322
NTTsatu.com – KUPANG Untuk lebih menggiatkan olahraga perairan di kalangan prajurit  TNI AL, Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII (Danlantamal VII) Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa menggelar latihan selam dasar dan olah gerak perahu karet satrol Lantamal VII, Senin (16/12/19).

Pelaksanaan latihan selam dasar dan olah gerak perahu karet dilaksanakan di Markas Komando (Mako) Lantamal VII dan perairan depan Lantamal VII dari tanggal 16 desember hingga 20 desember 2019 dengan peserta latihan prajurit Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal VII.

Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa mengatakan, tujuan dari kegiatan ini agar seluruh prajurit memiliki pengetahuan, keterampilan dan kebanggaan serta profesionalisme sebagai prajurit yang mempunyai kualifikasi penyelam Scuba TNI AL dan mampu melaksanakan pekerjaan bawah air ringan/terbatas.

“Prajurit harus punya kemampuan pemeriksaan dan pembersihan badan kapal bawah air sekaligus mampu melaksanakan olah gerak perahu karet secara baik dan benar,” katanya.

Selain itu, latihan selam dasar dan olah gerak perahu karet sebagai upaya menambah pengetahuan, keterampilan dan profesionalisme prajurit Satrol Lantamal VII, khususnya kemampuan sebagai seorang scuba driver sekaligus pengguna sarana alpung perahu karet yang sangat diperlukan sebagai prajurit matra laut untuk mendukung pelaksanaan tugas di laut.

Selama empat hari para peserta akan di beri materi latihan pelajaran teori meliputi kesehatan penyelaman dan tabel penyelaman, pengetahuan scuba dan perawatan alat selam, keamanan dan keselamatan kerja bawah air terbatas, pengoperasian alat bantu penyelaman serta pengoperasian perahu karet.

Sementara praktrek lapangan meliputi ketahanan bernafas dan mengapung, renang tanpa alat, Fin Swimming dan skin diving, penyelaman dengan alat selam sampai kedalaman 18 meter, mengoperasikan alat bantu penyelaman, melaksanakan kerja bawah air ringan/terbatas dan melaksanakan olah gerak perahu karet secara baik dan benar.

Pembukaan latihan selam dasar dan olah gerak perahu karet di tandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis oleh Danlantamal VII kepada Serda Abdul Gani dan KLD Hari Avandy.

Upacara pembukaan latihan ini diikuti oleh Wadan Lantamal VII, Para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Para Kasatker Lantamal VII, Danyonmarhanlan VII, Danpomal Lantamal VII. (*/tim)

Komentar ANDA?