Usaha Perikanan, Puskud NTT Gandeng Taiwan

0
188

KUPANG. NTTsatu – Sejak tahun 2012 lalu, Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggandeng Pengusaha dari Taiwan untuk pengembagan usaha perikanan di wilaya NTT.

Direktur Utama (Dirut) Puskud NTT, Benny Subagyo yang dihubungi di kantornya, Senin, 23 Maret 205 menjelaskan, Puskud NTT bersama pengusaha dari Taiwan sejak tahun 20 lalu mengembangkan usaha penangkapan dan pemasaran ikan di wilayah ini. Hasilnya sudah cukup lumayan dan akan terus dikembangkan pada masa-masa mendatang.

Dia menjelaskan, pengusaha dari Taiwan itu menyiapkan modal dan peralatan yang lengkap serta tenag-tenaga ahli di bidang perikanan, sedangkan soal tenaga administrasi dan tenaga non ahli ditangani Puskud NTT. Hasilnya dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama ketika mendatangani kesepakatan kerja sama pada tahun 2012 lalu.

Hasil tangkapan ikan kata Benny, untuk memenuhi kebutuhan lokal, juga kebutuhan di daerah lain baiksudah beberapa kali hingga dieskpor langsung ke Taiwan.

“Kami sudah beberapa kali mengekspor ikan langsung dari Kupang ke Taiwan. Dan ternyata kualitas ikan-ikan kita di NTT sangat bagus karena itu kedepannya akan terus diupayakan untuk pengiriman ke Taiwan. Namun kita juga berusaha untuk menjualnya langsung kepada konsumen di markas kita di seputaran Pelabuahn Perikanan Tenau Kupang,” katanya.

Dia mengatakan, sesuai dengan ijin operasional yang dikantongi dalam usaha bersama pengusaha Taiwan itu, lokasi penangkapan ikan itu beada di seluruh wilayah provinsi NTT. Karena itu mereka melakukan usaha dengan kapal dan peralatan yang cukp canggih,” katanya. (iki)

Komentar ANDA?