Uskup Ruteng Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Memperkokoh Persaudaraan

0
324

NTTsatu.com  — RUTENG —  Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bagi umat Muslim di wilayah Manggarai Raya (Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur), Nusa Tenggara Timur. Ucapan selamat tersebut disiarkan secara tertulis oleh Komisi Komsos Keuskupan Ruteng, Sabtu (23/5/2020) petang.

“Perayaan Idulf  Fitri tahun ini bertepatan dengan puncak merebaknya pandemi Covid-19 ke tengah Tanah Congka Sae tercinta. Sebagai satu keluarga yang mendiami tanah Manggarai Raya, realitas ini adalah undangan dan dorongan bagi kita untuk memperkokoh jembatan persaudaraan lintas batas di atas dasar persatuan, solidaritas dan persaudaraan,” kata Mgr Siprianus Hormat, di bagian awal ucapan tersebut.
Ditambahkan, persatuan yang berlandaskan kesadaran bahwa kita adalah satu keluarga yakni keluarga besar umat manusia. Karena itu, kita semakin bersatu dan merasakan bahwa kehidupan kita selalu dalam lingkaran persatuan, kehidupan di tengah masyarakat kita adalah lingkaran yang saling berkaitan erat dan tak dapat dipisahkan oleh perbedaan apapun.
“Rasa persatuan kita bukan karena kekuatan ekonomi atau keamanan, tetapi karena kita menemukan diri yang lemah, rapuh dan oleh karena itu kita membutuhkan satu sama lain (Neka behas neho kena, neka koas neho kota),” imbuhnya.
Solidaritas, demikian Mgr Siprianus, merupakan tali perekat di antara umat beragama yang dapat memperkokoh persatuan. Dalam realitas pandemi virus corona ini, para pemimpin agama dan semua penganutnya, hendaknya  bergandengan tangan memperkokoh solidaritas dengan sentuhan rasa kemanusiaan yang mendalam.

“Saat-saat seperti ini, hendaklah kita mengedepankan persamaan bukan perbedaan, bukan individualisme dan pertentangan. Berhadapan dengan penderitaan manusia akibat pandemi virus corona, kita memperkokoh soliditas untuk melaksanakan gerakan solidaritas yang efektif melalui cara-cara yang kreatif. Pandemi virus corona, bukan sesuatu yang menakutkan tetapi kesempatan berahmat untuk melakukan segala sesuatu dengan kasih demi kesejahteraan hidup bersama,” pesannya.

Persaudaraan, lanjut Mgr Siprianus, dibangun di atas kesadaran sebagai satu keluarga umat manusia. Mengakui dan menghargai satu sama lain sebagai saudara dan saudari. Kesadaran ini adalah langkah mendasar untuk meruntuhkan tembok yang dibangun karena ketakutan dan ketidaktahuan manusia.

Karena itu, dinilainya pandemi virus corona yang tengah merebak di wilayah ini adalah peluang istimewa untuk memperkokoh jembatan persahabatan dan persaudaraan yang merupakan landasan bagi kesejahteraan seluruh umat manusia.

“Di dalam semangat persaudaraan inilah yang mempersatukan kita, menopang dan membantu kita untuk menemukan jalan ke luar dari situasi sulit yang tengah kita alami. Saya Uskup Ruteng dan para imam, biarawan/ biarawati dan seluruh umat Katolik di wilayah Manggarai Raya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin,” demikian bagian akhir ucapan Mgr Siprianus. (*/bp)

Komentar ANDA?