Uskup Turang Tahbiskan 13 Imam Baru Saat Perak Seminari Tinggi St Mikhael

0
271
Foto: Para ima baru mendapatkan restu, berkat dan doa dari orang tua masing-masing

KUPANG. NTTsatu.com – Bertepatan dengan Perayaan Pesta Perak 25 Tahun Seminari Tinggi St. Mikhael Penfui, Kupang, Kamis 29 September 2016, Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang menahbiskan 13 imam baru.

Tahisan 13 imam baru yang berlangsung di lapangan bola kaki lembaga pendidikan iman itu dihadiri juga oleh Uskup Emeritus, Mgr. Anton Pain Ratu.

Uskup Turang dalam kotbahnya mengangkat nats Kitab Suci tentang Yesus memanggil Natanael untuk mengikutinya. Dala diri Natanael itu tidak ada kepalsuan, dia mengikuti Yesus dengan sungguh hati.

“Yesus memanggil Natanael dan sama sekali tidak ada kepalsuan dalam diri orang yang bernama Natanael itu. Karena itu, para imam yang dipilih Tuhan dan ditahbiskan ini hendaknya menjadi imam dari Kristus sendiri, bukan iman dari dunia ini,” pesan Uskup Turang.

Selanjutnya Uskup Turang mengharapkan agar para imam untuk selalu menyatu dengan dan dalam Kristus sendiri agar menjadi seperti para malaikat yang selalu melayani Allah setiap saat.

“Para imam yang dipanggil untuk melayani itu hendaknya melakukan pelayanan kepada umat, karena pada hakekatnya, iman itu pelayan, kita dipanggil untuk melayani bukan dilayani.

Semoga para imam baru berakar dalam Kristus dan selalu mewartakan cinta kasih Allah sehingga merek tidak menjadi imam yang asing terhadap gereja, diri sendiri, secara khusus tdk menjd asing bagi umat yang dilayani,” pesan Uskup.

K1-13 imam yang ditahbiskan hari ini terdirid dari Umam Keuskupan Agung Kupang 3 orang, Keuskupan Atambua, 3 orang dan keuskupan Weetebula 1 orang. Sisanya 6 orang berasal dari biara Claretian (CMF) sebanyak 5 orang dan seorang lainnya dari Biara Carmel (OCD).

Seminari Tinggi St. Mikhael yang hari ini mencapai usia ke-25 tahun telah bertumbuh dan berkembang menjadi sebuah lembaga pendidikan calon imam Diosesan untuk Dioses Agung Kupang, Atambua dan Weetebula. Dan hingga usia perak, Lembaga ini sudah menghasilkan sedikitnya 242 imam. (rin/bp)

Komentar ANDA?