Victory-Joss Pastikan Tidak Akan Ada Tambang di NTT

0
334
Foto: Calon wakil Gubernur NTT, Yosef Nae Soi foto bersama warga Mano usai kampanye terbatas di Mano, Jumat, 20 April 2018

NTTsatu.com – BORONG – Calon wakil gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Yosef Nae Soi menegaskan, jika dia bersama calon gubernur Viktor Laiskodat dipercayakan memimpin daerah ini lima tahun ke depan, keduanya memastikan tidak akan pernah ada tambang yang dilakukan di seluruh wilayah provinsi NTT.

Penegasan itu disapaikannya dalam kampanye terbatas di kampung Mano, desa Mandosawo, Kecamatan Pocoranaka, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) , Jumat, 20 April 2018,

Nae Soi menjelaskan,tambang sama sekali tidak memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di sekitarnya. Tambang merusak lingkungan yang sudah dijaga masyarakat selama ini.

Biasanya, kata Nae Soi, setelah eksplorasi disusul eksploitasi hasil tambang dan investor kemudian menyatakan rugi dan meninggalkan tempat itu. Padahal keuntungan yang dipetik dari tambang itu sudah dibawah keluar.

“Nanti setelah ekploitasi hasil tambang, investor menyatakan merugi padahal keuntungang sudah dibawah keluar daerah ini. Kami sudah tahu tabiat investor pertambangan itu, makanya kami tidak akan mengijinkan adanya usaha tambang di daerah ini,” katanya.

Pasangan ini lanjut Nae Soi, akan mendukung advokasi yang dilakukan berbagai LSM dan biarawan-biarawati yang selama ini berjuang untuk menolak tambang di daerah ini. Kami akan bersama mereka untuk menolak tambang,” tegasnya.

Dia juga menegaskan, mereka akan melakukan evaluasi terhadap 300-an ijin tambang yang sudah dikeluarkan pemerintah provinsi selama ini.
“Kita evaluasi ijin tambang yang sudah dikeluarkan itu dan melihat apakah masih bisa dilanjutkan atau memang harus dihentikan. Tambang ini menjadi urusan pemerintah provinsi karena itu kita akan memperhatikan dengan serius,” tandasnya. (bp)

Komentar ANDA?