Wabup Sikka Tinjau Pekerjaan Bendungan dan Irigasi di Mapitara

0
187
Foto: Wakil Bupati Sikka Paulus Nong Susar (pakai topi) didampingi Kepala Inspektorat Robby da Silva sedang memantau pekerjaan Bendungan Hebing di Desa Hebing Kecamatan Mapitara, Kamis (7/9)

NTTsatu.com – MAUMEREDalam satu minggu terakhir ini, Wakil Bupati Sikka Paulus Nong Susar melakukan pemantauan pada sejumlah proyek yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Sikka. Pada Kamis (7/9), dia berkesempatan meninjau dua proyek di Kecamatan Mapitara yakni pekerjaan bendungan dan pekerjaan irigasi.

Dua proyek ini letaknya berdekatan, persisnya di Galit Desa Hebing, kurang lebih beberapa ratus meter saja dari Kantor Kecamatan Mapitara. Proyek-proyek ini saling mendukung, di mana dalam konsepnya antara lain aliran air dari bendungan bisa dibelokkan ke jaringan irigasi.

Pembangunan Bendungan Hebing dikerjakan oleh CV Multi Sarana, dengan nilai kontrak Rp 1.279.194.000. Proyek ini dikerjakan sejak 19 Juni 2017, yang dalam pelaksanaannya selama 180 hari, dan akan berakhir pada 15 Desember 2017. Kondisi sampai dengan Kamis (7/9), dilaporkan baru mencapai 25 persen.

Sementara Pembangunan Jaringan Irigasi DI Hebing dikerjakan oleh CV Salvator, dengan nilai kontrak Rp 915.193.000. Proyek ini dikerjakan sejak 19 Juni 2017, yang dalam pelaksanaannya selama 150 hari, dan akan berakhir pada 15 November 2017. Kondisi sampai dengan Kamis (7/9), dilaporkan sudah mencapai 65 persen.

Wabup Nong Susar tiba sekitar pukul 13.30 Wita. Dia datang bersama Kepala Inspektorat Robby da Silva, Kepala Bagian Pembangunan Margaretha Da Maga Bapa, Pejabat Pembuat Komitmen Denny da Lopez, Camat Mapitara Theresia M. Donata Silmeta, Tim Pemeriksa dari Inspektorat, staf Bagian Pembangunan, staf Bagian Humas dan Protokol, serta staf Dinas Satpol PP dan Damkar.

Di lokasi proyek, wabup  diterima Direktris CV Salvator Sinta Widiastuti, Konsultan Pengawas dari CV Konindo, dan pengawas internal CV Multi Sarana. Paolus Nong Susar langsung menuju lokasi pekerjaan bendungan. Dia memantau aktifitas pekerjaan yang sedang dilakukan para tukang.

Orang nomor dua di Kabupaten Sikka ini sempat berdiri di antara dua tembok bendungan untuk melihat lebih dekat pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut.
Dari bendungan, Paolus Nong Susar meninjau pekerjaan irigasi. Didampingi Tim Pemeriksa Inspektorat, Paolus Nong Susar sempat mempertanyakan hal-hal teknis terkait pekerjaan proyek tersebut kepada Direktris CV Salvator Sinta Widiastuti.
Kepada media ini, Paolus Nong Susar mengatakan pemerintah berkewajiban melakukan monitoring atas proyek-proyek fisik yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Sikka. Monitoring dimaksudkan untuk memberikan support dan motivasi kepada kontraktor pelaksana, agar melaksanakan pekerjaan dengan prinsip tepat waktu, tepat mutu, dan tepat guna.

Sebelum ke Hebing Mapitara, Paolus Nong Susar juga sempat memantau pekerjaan proyek di Kecamatan Doreng. Dari Hebing, dia sempat melewati lokasi Pembangunan Jembatan Waiara di Desa Hale Mapitara. (vic)

Komentar ANDA?