Wagub JNS Ajak IMI NTT Jalin Kolaborasi Untuk Pertumbuhan Ekonomi Daerah

0
464

NTTSATU.COM — KUPANG — Wakil Gubernur NTT Josef A. Nae Soi (JNS) mengajak Ikatan Motor Indonesia Provinsi NTT untuk menjalin sinergitas dan kolaborasi menghidupkan olahraga otomotif di bumi flobamorata untuk juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendukung sektor periwisata.

Demikian dikatakannya pada saat membawakan sambutan dalam acara Pelantikan Ketua dan Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTT Periode 2022 – 2026 bertempat di Aula El Tari Kupang pada Sabtu 25 Februari 2023.

Pada acara tersebut, Gavriel Putranto Novanto dilantik menjadi Ketua IMI Provinsi NTT 2022-2026. Gavriel bersama jajaran pengurus IMI NTT lainnya dilantik langsung oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang juga merupakan Ketua MPR RI.

“Dengan telah dilantiknya Ketua dan jajaran pengurus IMI NTT pada hari ini maka saya mengajak organisasi IMI NTT agar juga mengambil peran dalam membangun provinsi NTT ini salah satunya dengan terus meningkatkan olahraga otomotif untuk meningkatkan perekonomian daerah disamping itu juga turut mendukung pariwisata NTT,” kata Wakil Gubernur.

“Sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang juga mengatur pengembangan industri olahraga hingga mendongkrak perekonomian daerah. Maka dengan event olahraga otomotif juga menarik minat masyarakat dan juga UMKM sehingga menggerakan ekonomi di NTT,” ujar Wakil Gubernur.

Saya harapkan IMI juga mendukung para pembalap lokal asal NTT untuk nantinya dapat bisa dipersiapkan dengan baik sehingga mampu berprestasi pada penyelenggaraan PON XXII tahun 2028 mendatang dengan Provinsi NTT dan NTB menjadi tuan rumah.

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo juga meminta IMI NTT untuk memberikan prestasi pada pada bidang olahraga otomotif dan mendukung sektor pariwisata NTT. “Jadi bisa diadakan road race, off road ataupun even lainnya di objek-objek pariwisata NTT. Kita tahu betul bahwa NTT ini banyak sekali destinasi pariwisata yang indah,” kata Bambang.

“IMI NTT harus bisa memberikan sumbangan bagi Provinsi NTT tentunya dengan penyelenggaraan event-event otomotif untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi. Juga event yang menghidupkan ekonomi seperti pameran otomotif, agar juga turut menghadirkan UMKM, Cafe dan juga tempat makan disini seperti yang sudah dilakukan di daerah lain. Kita tentunya juga hendak mewujudkan garis besar visi IMI yaitu prestasi, tourism (pariwisata) dan sosial,” ungkapnya.

Bambang juga mengungkapkan salah satu dampak ekonomi yang sangat signifikan dari olahraga adalah perhelatan Moto GP di Sirkuit Mandalika di Provinsi NTB beberapa waktu lalu. “Kita lihat gambaran besarnya dari even Moto GP di Provinsi NTB itu banyak sekali UMKM dan pegiat ekonomi dan bisnis yang terlibat. Dari event itu dampak pertumbuhan ekonomi luar biasa bisa mencapai 6,3%. Event itu juga disiarkan 253 televisi internasional dan di saksikan oleh seluruh penduduk dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua IMI Provinsi NTT Gavriel Putranto Novanto, menyampaikan IMI NTT siap bersinergi bersama Pemerintah Provinsi NTT untuk membangun daerah terkhususnya lewat pengembangan bidang otomotif baik event ataupun kegiatan lainnya yang juga mendukung pariwisata NTT.

“Kami siap membangun organisasi IMI NTT ini dan juga siap bersinergi bersama Pemerintah Provinsi NTT. Kami juga sudah siapkan rangkaian program kerja kami diantaranya merumuskan kalender event otomotif untuk roda 2 dan roda 4 selama 1 tahun kalender sebagai bentuk persiapan atlet otomotif NTT dalam perhelatan even otomotif ke depan serta memberikan dukungan dan ruang modifikasi roda 2 dan 4 bagi anak-anak NTT untuk dapat menyalurkan kreatifitas dan minat,” jelas Gavriel.

“Kami juga menyiapkan touring daerah pariwisata wilayah NTT untuk mendukung sektor pariwisata, serta kerja sama dengan beberapa pihak untuk majukan otomotif lewat event balapan serta pameran otomotif. Kami juga mempersiapkan atlet balap potensial untuk berprestasi ditingkat nasional dan internasional, dan juga mengorganisasikan dengan mendata pembalap serta pencinta otomotif secara baik semua dalam aplikasi GasPol yang digagas oleh IMI pusat,” ujarnya.

Acara pelantikan tersebut juga dirangkai dengan Penyerahan secara simbolis Bantuan 20 tempat sampah dari IMI NTT kepada Pemerintah Kota Kupang yang diserahkan langsung oleh Ketua IMI NTT Gavriel Putranto Novanto kepada Pejabat Wali Kota Kupang George Hadjoh.

Usai pelantikan tersebut juga dilaksanakan Pembukaan NTT Otomotif Festival 2023. Pembukaan acara tersebut ditandai dengan penekanan sirene oleh Wakil Gubernur NTT Josef A. Nae Soi, Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, dan Ketua IMI Provinsi NTT Gavriel Putranto Novanto. (sipers adpim )

Komentar ANDA?