Warga Flobamora Harus Dukung Program Pemerintah Papua Barat

0
241

MANOKWARI. NTTsatu.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya mengharapkan warga Papua Barat asal Flobamora, NTT harus mendukung setiap program pemerintah Papua Barat dan harus menjadi warga Papua Barat yang baik dan membanggakan.

Permintaan itu disampaikan Lebu Raya ketika memberikan sambutan pada acara pelantikan Ikatan Keluarga Besar Flobamora – Papua Barat di Aula Auditorium PKK Provinsi Papua Barat di Kompleks perkantoran Pemerintahan Provinsi Papua Barat di Arafai, 8 km arah utara Kota Manokwari, Jumat, 25 September 2015.
Menurut Lebu Raya, warga Papua Barat asal Flobamora, NTT yang sudah mencapai seratusan ribu orang itu telah memiliki wadah berhimpun dengan memilih nama Ikatan. Karena itu harus menunjukkan kepada masyarakat Papua Barat bahwa warga Flobamora itu mampu hidup, bergaul dan berbaur dimana saja dan dengan siapa saja.
“Kalian telah memilih wadah ini dengan menyebutnya sebagai ikatan bukan persatuan atau perhimpunan. Makna kata Ikatan itu sangat mendalam, karena itu kalian harus menunjukkan persatuan dan kesatuan diantara kalian untuk bersama-sama pemerintah dan masyarakat Papua Barat membangun daerah ini. Ini tempat kalian mencari makan dan hidup, karena itu haruslah hidup rukun dan damai dengan masyarakat Papua Barat baik masyarakat asli mapun masyarakat dari daerah lainnya,” pesan Gubernur.
Gubernur mengatakan, kehadirannya bersama rombongan di Papua Barat ini untuk menyapa semua warga Papua Barat asal Flobamora NTT dan memberikan dukungan agar mereka bisa menjadi warga Papua yang baik. Dia juga meminta dukungan dan perhatian pemerintah serta tokoh-tokoh adat dan tokoh-tokoh masyarakat Papua Barat untuk bisa memanfaatkan potensi warga Flobamora NTT untuk bersama membangun daerah ini.
“Saya mohon perhatian pemerintah provinsi Papua Barat. Saya juga ingin menyapa para tokoh adat dan tokoh masyarakat Papua Barat yang telah bersedia menerima anak-anak NTT untuk hidup dan berkarya di daerah ini. Mereka tentu memiliki potensi di bidang masing-masing yang bisa disumbangkan untuk pembangunan daerah ini,” kata gubernur.
Gubernur Papua Barat, Abraham Oktovianus Atururi yang juga menjadi Ketua Dewan Pembina Ikatan Keluarga Besar Flobamora NTT di Papua Barat pada kesempatan itu mengakui, banyak warga Flobamora di Papua Barat selama ini telah memberikan sumbangan pikiran dan perhatian untuk bersama-sama membangun daerah ini. Anak-anak NTT memiliki potensi yang besar dan mereka telah bersama pemerintah dan seluruh masyarakat membangun daerah ini.
“Saya juga akan selalu siap mendampingi mereka di Papua Barat ini, apalagi saya telah dipercayakan menjadi ketua Dewan pembina Ikatan Keluarga Besar Flobamora NTT di Papua Barat ini. Mari kita sama-sama membangun daerah ini,” harapnya.
Ketua Ikatan Keluarga Besar Flobamora NTT Papua Barat, Clinton Tallo dalam sambutannnya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur NTT, Frans Lebu Raya yang bersedia hadir pada moment bersejarah ini. Dia juga berterima kasih kepada Gubernur dan seluruh jajaran pemerintahan Papua Barat serta seluruh masyarakat Papua Barat yang telah menerima kehadiran mereka selama ini.
“Kami berterima kasih kepada pemerintah dan semua pihak di Papua Barat, terutama kepada Bapak Gubernur dan ibu wakil Gubernur, para tokoh adat dan tokoh masyarakat yang telah menerima kami hadir dan hidup bersama di daerah ini. Kami akan terus memberikan seluruh kemampuan kami untuk ikut membangun daerah ini,” katanya.
Ikatan keluarga Besar Papua Barat yang dikukuhkan hari ini dengan ketua Umum: Clinton Tallo, Sekretaris Umum : Adeodatus Kolin dan Bendara Umum: Theodora Herin. Kepengurusan itu dilengkapi dengan beberapa wakli ketua, wakil-wakil sekretaris, wakil-wakil bendahara dan bidang-bidang sesuai kebutuhan.
Pada kesempatan itu juga ada empat tokoh yang juga dipercayakan menjadi warga kehormatan Ikatan Keluarga Besar Flobamora Papua Barat yakni Gubernur Papua Barat Abrahan Oktovianus Atuturi selain sebagai Ketua Dewan Pembina, Wakil Gubernur Papua, Ibu Irene Manbuy, Bupati Marouke: Bastian Salabai dan Ketua Majelis Rakyat papua Barat, Vitalis Yunte. (bp)
====
Foto: Gubernur NTT dan Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi serta Bupati Manokwari Bastian Silabai foto bersama di Manokwari, Jumat, 25 September 2015

Komentar ANDA?