Warga Malaka Diimbau Waspadai DBD

0
303
NTTsatu.com – MALAKA – Penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD) kian menyebar, karena itu,  Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka menghimbau warga untuk selalu waspada terhadap penularan penyakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan drg. Paskalia Frida Fahik mengatakan, hingga saat ini, sudah ada tujuh warga yang terserang DBD, dan sudah ditangani. Untuk mengantisipasi penularan, petugas kesehatan sudah melakukan fogging di beberapa wilayah.

“Untuk antisipasi DBD berawal dari kebersihan lingkungan. Gunakan bubuk larvasida atau abate pada tempat penampungan air,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (19/2/2020).

“Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air dan tutup tempat penampungan air, seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampungan air lemari es dan lain-lain,” tambahnya.

Menurut dia, selain menjaga kebersihan lingkungan, warga juga harus menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, torena air dan lain sebagainya. Warga juga diminta memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

“Jika ada warga yang demam harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan,” ucapnya.

Ia menambahkan, saat ini dinas kesehatan Malaka terus melakukan pemantauan, penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. (*/bp)

Komentar ANDA?