Warga Wae Rii Keluhkan Kurangnya Sumber Air Kepada Johny Plate

0
281
Foto: Anggota Komisi IX DPR RI, Johny Plate saat menjalani masa resesnya di panti Wae Peca Desa Lalong Kecamatan Wae Rii, Sabtu, 5 Agustus 2017

NTTSatu.com – RUTENG – Warga Desa Golo Watu, Lalong dan Bangka Kenda, Kecamatan Wae Rii, Kabupaten Manggarai mengeluhkan kekurangan sumber air  untuk kebutuhan ratusan hektare  sawah dan tanaman holtikultura  di wilayah tersebut.

Keluhan itu disampaikan warga ketika bertatap muka dalam reses anggota DPRI Johny Plate dari Partai Nasdem di panti Wae Peca Desa Lalong Kecamatan Wae Rii,  Sabtu, 5 Agustus 2017.

Warga mengatakan, kekurangan air di Desa Golo Watu disebabkan rusaknya 2 bendungan di wilayah tersebut dan mereka meminta segera memperbaiki kondisi bendungan agar pengairan persawahan secepatnya kembali normal.

untuk kebutuhan untuk air minum , sanitasi dan  air untuk penyiraman tanaman holtikuktura, mereka meminta sumur bor sebagai salah satu solusi penanganan krisis air  di wilayah tersebut.

Sementara Johny Plate Anggota komisi XI DPR RI menyampaikan tugas dari komisisnya adalah mencari sumber pemasukan bagi negara.

“Pemasukan negara sudah mulai besar, yang terkait dengan belanja itu ada pada komisi I sampai XI,” katanya.

Dia mengatakan, terkait tanggung jawab atas keluhan tersebut merupakan tugas pemerintah daerah maupun provinsi karena pemasukan besar negara ini sudah dikucurkan untuk belanja pusat dan daerah.

Dikatakanya, dari pemasukan yang begitu besar tetap dianggarkan untuk dana Desa. “Kebutuhan tersebut juga bisa dianggarkan melalui dana desa. Jangan takut gunakan dana desa, uang tersebut milik kita semua yang penting dugunakan sesuai dengan aturan,” katanya.

Dia juga meminta pada beberapa anggota DPRD Manggarai asal partai Nasdem yang hadir pada pada reses tersebut untuk memperjuangkan keluhan masyarakat kecamatan Wae Rii agar bisa dianggarkan dalam  pembangunan pemerintah kabupaten.

Anggota DPR RI yang termasuk dalam 10 besar anggota DPRI terbaik  tersebut juga akan menyampaikan keluhan itu kepada anggota DPRD provinsi asal partai Nasdem agar bisa menyampaikan keluhan masyarakat Wae Rii kepada pemerintah provinsi.

Sementara Camat Wae Rii,  Sipri Harum dalam sambutanya menyampaikan bahwa kecamatan Wae Rii merupakan wilayah holtikultura di Manggarai.

“Menanggapi krisis air, pemerintah sudah bangun beberapa embung. Sementara sumur bor sedang diusahakan untuk kebutuhan di beberapa Desa di kecamatan Wae Rii,” katanya. (mus)

Komentar ANDA?