Wartawan Sikka Dukung Program Indonesia Sehat

0
197
Foto: Para wartawan di Kabupaten Sikka pose bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Maria Bernadina Sada Nenu usai sosialisasi dan advokasi tentang gerakan masyarakat hidup sehat di ruang kerja Kepala Dinas Kesehatan, Rabu (1/11)

NTTsatu.com – MAUMERE – Sejumlah wartawan yang selama ini bertugas di Kabupaten Sikka. Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan dukungan atas program Indonesia Sehat melalui Gerakan Hidup Masyarakat Sehat (Germas).

Dukungan ini dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani 16 wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Sikka (AWAS), Rabu (1/11) di ruang kerja Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

Melalui tugas-tugas profesi, para wartawan akan menyosialisasikan Germas ke tengah masyarakat. Diharapkan kerja profesi ini dapat memberikan pencerdasan kepada masyarakat untuk bisa berperilaku hidup sehat.

Dukungan wartawan ini tidak semata secara moril melalui tugas profesi, tetapi langsung dipraktikkan pada kesempatan itu juga. Dalam momen sosialisasi Germas oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Maria Bernadina Sada Nenu, para wartawan secara bersama-sama meminum obat penyakit kaki gajah atau filariasis.

Maria Bernadina Sada Nenu membagikan obat dalam bentuk pil sebanyak empat butir kepada semua wartawan. Usai makan siang bersama, para wartawan meminum obat tersebut disaksikan Maria Bernadina Sada Nenu, Pelaksana Tugas BLUD TC Hillers Maumere Clara Fancis, dan sejumlah staf Dinas Kesehatan.

Karel Pandu, wartawan HU Timor Express mengatakan meminum obat penyakit kaki gajah secara massal yang dilakukan wartawan bukan saja sebagai bentuk dukungan terhadap Germas. Lebih dari itu, katanya, sebagai antisipasi akan penyakit kaki gajah yang kini sedang mengancam masyarakat Kabupaten Sikka.

Maria Bernadina Sada Nenu sengaja mengundang wartawan untuk memberikan sosialisasi dan advokasi tentang Germas. Kampanye tentang Germas, katanya, mestinya melibatkan seluruh stakeholder termasuk para pekerja media. Dia meyakini dengan membangun kemitraan bersama wartawan, masyarakat boleh mendapatkan informasi yang seluas-luasnya tentang program ini.

Dalam kesempatan sosialisasi ini, Maria Bernadina Sada Nenu juga membuka ruang diskusi bersama wartawan. Diskusi seputar kesehatan ini berlangsung cukup dinamis. Para wartawan mendapatkan banyak informasi tentang kegiatan-kegiatan dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan Germas di Kabupaten Sikka. (vic)

Komentar ANDA?