Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di NTT Tiga Hari Kedepan

0
515

NTTSATU.COM — KUPANG – – BMKG Stasiun Meterologi Eltari Kupang mengeluarkan peringatan potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang melanda wilayah NTT  tiga hari kedepan sejak 26-28 April 2023.

 

Edaran BMKG itu ditandatangani Kepala BMKG Agung Stasiun Meterologi Eltari Kupang, Sudiono Abadi, Rabu, 26 April 2023.

 

Disebutkan Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, diantaranya Kabupaten Alor, Flores Timur, Belu, Malaka, TTS, Kupang.

 

Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kupang, Sumba Timur, Sabu, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Sedangkan wilayah yang berpotensi angin kencang diantaranya Manggarai Barat, Rote, Kabupaten Kupang, Kota Kupang dan Sabu Raijua.

Sebagian Rote, Sebagian Sabu, Sebagian KabupatenKupang, Sebagian Kota Kupang dan Sumba, Sebagian Alor, Sebagian Sabu, Sebagian Rote, Sebagian Pulau Timor dan Sumba Bagian Timur.

 

Disebutkan juga saat ini suhu muka laut di NTT masih cukup hangat, didukung aktifnya Gelombang Equatorial Rossby dan daerah pertemuan angin serta labilitas lokal yang cukup kuat sehingga meningkatkan pertumbuhan awan hujan (konvektif).

 

“Waspadai potensi dampak angin kencang di wilayah NTT,” katanya.

Waspada potensi hujan ringan hingga lebat dalam durasi yang panjang yang dapat mengakibatkan bencana Hidrometeorologi. (*/nttsatu)

=======

Ilustrasi Angin Kencang

Komentar ANDA?