YT, Anggota Polisi Pembunuh Istri Segera Diadili

0
149
Foto: Bripka Yanuarius Tahu (duduk memakai baju hitam celana pendek)

KUPANG. NTTsatu.com– Bripka YT (Yanuarius Tahu) oknum  anggota Polri yang bertugas di Polres Sumba Barat segera duduk dikursi pesakitan untuk diadili di Pengadilan Negeri (PN) Klas IA Kupang. Bripka YT merupakan tersangka dalam kasus pembunuhan terhadap Matilda Saleh yang merupakan istri sahnya.

Tersangka segera duduk dikursi pesakitan untuk diadili, karena berkas perkara tersebut telah dinyatakan P-21 (lengkap) oleh jaksa peneliti berkas perkara Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang dan telah diserahkan ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Kota Kupang, Rabu (16/11) pagi. Pelimpahan tahap dua berkas perkara di Kejari Kota Kupang yang melibatkan anggota Polres Sumba Barat itu dilakukan oleh tim penyidik Satreskrim Polres Kupang Kota yang diterima langsung oleh Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Tipidum) Kejari Kota Kupang, Ihsan Asri diruang kerjanya.

Kasat Reskrim Polres Kupang Kota, AKP Lalu Musti Ali Lee kepada wartawan,Jumat (18/11)  mengaku bahwa berkas perkara pembunuhan istri, Matilda Saleh dengan tersangka anggota Polres Sumba Barat, Yanuarius Tahu alias YT telah diserahkan ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Kota Kupang.

Penyerahan itu, kata Lee, dilakukan oleh tim penyidik Satreskrim Polres Kupang Kota diterima Kasi Tipidum Kejari Kota Kupang, Ihsan Asri di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang.

“Karena berkas perkaranya sudah dinyatakan P-21 (lengkap) oleh jaksa peneliti berkas, maka kami langsung serahkan atau lakukan penyerahan tahap dua ke jaksa penuntut umum (JPU), Rabu (16/11), “ ungkap Lee.

Terpisah, Kasi Tipidum Kejari Kota Kupang, Ihsan Asri membenarkan adanya pelimpahan tahap dua berkas perkara pembunuhan terhadap istri oleh tersangka Yanuarius Tahu alias YT anggota Polres Sumba Barat beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Asri, pelimpahan tahap dua itu diterima dari tim penyidik Satreskrim Polres Kupang Kota yang langsung diterima oleh dirinya di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang.

“Iya benar. Kami sudah terima berkas perkaranya dari tangan penyidik Satreskrim Polres Kupang Kota. Pelimpahan tahap dua karena jaksa peneliti berkas nyatakan berkasnya sudah lengkap (P-21), “ kata Asri.

Diungkapkan Asri, setelah menerima berkas perkara pembunuhan terhadap matilda Saleh oleh anggota Polores Sumba Barat, YT, dirinya segera melimpahkan berkas perkara tersebut ke Pengadilan Negeri (PN) Klas IA Kupang untuk disidangkan.

“Saya upayakan pekan depan sudah limpah ke Pengadilan Negeri (PN) Klas IA Kupang untuk disidangkan. Dakwaan sudah jadi tinggal mau limpah saja ke PN Klas IA Kupang, “ kata Asri.

Diungkapkan Asri, dalam pelimpahan tahap dua oleh penyidik Satreskrim Polres Kupang Kota, penyidik menyertakan barang bukti (bb) dan tersangka. Dan, kini tersangka YT anggota Polres Sumba Barat ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kupang untuk menjalani masa tahanannya selama 20 hari kedepan. (rdm/bp)

Komentar ANDA?