Yunus Takandewa Ganti Nelson Jadi Wakil Ketua DPRD NTT

0
315

NTTsatu.com -KUPANG – Kursi wakil ketua DPRD Nusa Tenggara Timur milik PDI Perjuangan yang ditinggalkan Nelson Matara karena maju sebagai calon bupati Kupang akhirnya segera diisi. Pengganti Nelson adalah Yunus Takandewa, anggota DPRD NTT daerah pemilihan Sumba.

Ketua DPD PDI Perjuangan NTT, Frans Lebu Raya yang dihubungi, Senin, 18 Juni 2018 membenarkan bahwa Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) telah menetapkan Yunus Takandewa sebagai Wakil Ketua DPRD NTT menggantikan Nelson Obet Matara yang mengundurkan diri karena maju dalam Pilkada Kabupaten Kupang.

“Penetapan ini dilakukan setelah DPP PDI Perjuangan melakukan ‘fit and proper test’ atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon wakil ketua DPRD NTT. Kita sudah terima keputusan DPP,” kata Frans Lebu Raya.

Lebu Raya yang juga Gubernur NTT itu mengatakan, segera mengusulkan rekomendasi DPP itu ke Menteri Dalam Negeri untuk ditetapkan.

Sementara itu, Yunus Takandewa yang dikonfirmasi terpisah mengakui DPP PDI Perjuangan sudah menetapkan dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD NTT pengganti Nelson Matara.

“Benar, saya sudah dipercayakan oleh DPP untuk menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD NTT. Kepercayaan oleh partai ini akan saya emban sesuai dengan tugas dan fungsi DPRD,” kata anggota Komisi V DPRD NTT itu pula.

Anggota DPRD NTT dari Daerah Pemilihan Pulau Sumba itu juga menyampaikan terima kasih kepada DPD PDI Perjuangan NTT yang sudah mengusulkan namanya untuk mengikuti seleksi atau fit and proper test di DPP PDI Perjuangan sebagai calon Wakil Ketua DPRD NTT.

“Jadi, ini kado istimewa bagi saya, karena penetapan itu bertepatan dengan hari ulang tahun saya. Saya juga sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Sumba yang memilih saya pada Pemilu Legislatif 2014 lalu,” katanya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan NTT itu menambahkan, dengan adanya keputusan DPP PDIP itu, maka DPP PDIP akan menyerahkan namanya ke DPRD NTT, kemudian DPRD mengusulkan ke Mendagri melalui Gubernur NTT. (*/bp)

 

Foto: Yunus Takandewa yang direstui DPP PDI Perjuangan untuk menjadi wakil ketua DPRD NTT menggantikan Nelson Matara.

Komentar ANDA?