Angin Kencang, 12 Rumah Warga di Kolipadan Ile Ape Rusak

0
31

NTTsatu.com – LEMBATA –  Sedikitnya  dua belas rumah warga di Desa Kolipadan, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang yang terjadi di wilayah setempat pada Minggu pagi, 5 Januari  2020.

Camat Ile Ape Stanislaus Kebesa Langoday saat dikonfirmasi mengatakan bahwa dari pendataan ada 12 rumah yang mengalami kerusakan akibat angin kencang tersebut.

“Ada 8 rumah yang mengalami kerusakan berat akibat angin kencang di kolipadan Kecamatan Ile Ape” katanya.

Menurut Stanis, Bahwa Kejadian tersebut sudah di Laporkan kepada Bupati Lembata, Badan Penanggulangan Bencana Kab. Lembata  serta  Dinas Sosial dan PMD Kab. Lembata dan saat ini Tim Penanggulangan Bencana Kab. Lembata sedang menuju ke Desa Kolipadan untuk melakukan Penanganan secara Teknis.

Ia menambahkan, pemerintah kecamatan Ile Ape bersama Polres Lembata dan pihak TNI sedang di lokasi melakukan pendataan dan membersihkan puing-puing rumah warga sambil menunggu arahan  dari dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lembata.

Camat Stanis juga menginformasikan, akibat angin kencang juga menyebabkan beberpa pohon tumbang menimpa jalan dan menggangu aktivitas masyarakat serta merusak jaringan listrik di desa Petuntawa kecamatan Ile Ape.

Disinggung soal kerugian akibat Angin kencang yang melanda desa Kolipadan dan sejumlah adesa di kecamatan Ile Ape, iq mengatakan masih melakukan pengecekan.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Lembata Janes H. Simamora melalui Paur Humas Polres Lembata Aipda Semuel C.H Kubela menjelaskan,  Kapolres Lembata telah memerintahkan anggotanya untuk ke lokasi kejadian dan membantu masyarakat terdampak.

“Anggota Polisi bersama TNI sudah di perintahkan untuk membantu masyarakat terdampak di lokasi itu,” katanya.

Aipda Semuel juga menjelaskan, bahwa Dalam Pelaksanaan Monitoring dan Pemantauan lokasi Bencana, Pihak Personil Polres Lembata yang di Koordinir Oleh Kasat Sabhara Polres Lembata IPTU Ola Angin Leonardus dan Kapolsubsektor Ile Ape AIPTU Udin Abdullah bersama Piket SPK membantu membersihkan / membereskan atap – atap seng  yang terbongkar.
Turut serta dalam Kegiatan tersebut, Camat Ile Ape dan  Danramil 1624 -03 Lewoleba, Mayor Inf  Chb Ikhsan dan Anggota TNI AD Koramil 1624 -03 Lewoleba.

Untuk diketahui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sebelumnya menjelaskan jika sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur, termasuk di Lembata, berpotensi terjadi angin kencang di serta hujan deras dalam sepekan ini. (*/bp/tim)

Komentar ANDA?