Satu Pasien Positif Covid -19 Jalani Rawat Inap di RSUD. Prof. W. Z. Johannes Kupang

0
1073
NTTsatu.com — KUPANG —  Seorang pasien yang positif terserang  Covid-19 kini sudah dalam penanganan pihak  RSUD Prof.  DR.  W. Z. Johannes Kupang. Pasien tersebut adalah warga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang baru mendapat berita positif dari Jakarta tanggal 9 April 2020 dan langsung ditangani.

 

Setelah dinyatakan positif melalui hasil tes sweeb pasien dengan kode 01 atas nama EL langsung menjalani perawatan medis di ruang isolasi khusus di Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Prof. DR.  W. Z. JohanNes Kupang.

“Pasien yang terkonfirmasi dengan kode 01 atas nama EL dinyatakan positif setelah dilakukan tes sweeb yang dikirim ke laboratorium dan baru terkonfirmasi pada tanggal 09 April 2020.” jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT DR, Drg Dominikus Mere yang juga Tim Gugus Tugas penanggulangan virus Covid 19 provinsi NTT saat memberikan keterangan pers di ruang Biro Humas Setda NTT pada Junat, 10/04/2020 di Kupang.

Dikatakan, sesuai dengan riwayat perjalanan yang terkonfirmasi bahwa, pasien dengan kode 01 ini melakukan perjalanan dari dua daerah tepapar yakni Jakarta dan Bali.

“Pasien baru pulang dari Jakarta dan Bali pada beberapa waktu lalu dan dengan inisiatif sendiri mendatangi Rumah Sakit untuk melakukan tes kesehatan.” ujarnya.

Kadis Kesehatan yang didampingi oleh Kadis Perhubungan Izak Nuka dan Kepala Biro Humas Setda NTT Marius Ardu Jelamu  juga menjelaskan, sebelum dinyatakan positif, pasien tersebut sudah menjalani karantina selama beberapa hari hingga dinyatakan positif.

“Sebelumya dia (pasien) sudah isolasi diri dan setelah dinyatakan positif langsung menjalani rawat inap di Rumah Sakit.” tandas Domi.

Terkait keluarga pasien terkonfirmasi positif ini menurut Dokter Domy Mere, akan dilakukan tes bagi semua termasuk siapa saja yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan pasien ini.

“Kita segera lakukan test bagi semua keluarga dan lainnya”. Jelas mantan Direktur RSUD Prof. DR. WZ Johannes Kupang ini.

Sementara Marius Jelamu menyatakan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat meminta seluruh masyarkat NTT dimana saja berada untuk tidak panik dengan kondisi seperti ini tetapi harus berjiwa kuat untuk menghadapi kondisi ini. Semoga semuanya berjalan aman dan terķendali. (*/bp)

Komentar ANDA?