Desember 2023, Kota Maumere Mengalami Inflasi Sebesar 0,61 Persen 

0
1158

NTTSATU.COM — MAUMERE — Pada bulan Desember 2023, di Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 0,61 persen (secara bulanan/ MtM). Jika dilihat secara tahunan (YoY), pada Desember 2023 Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 3,33 persen, kembali mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Sikka Kristanto Setyo Utomo SST MSI dalam acara berita resmi statistik di kantor Badan Pusat Statistik Sikka , Selasa (2/1/2024).

Menurut Kristanto perkembangan harga berbagai komoditas pada Desember 2023 secara umum menunjukkan tidak adanya kenaikan. Namun ada Kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks harga terbesar adalah adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dan Perawatan Pribadi dan Jasa lainnya yang sama-sama sebesar 1,11 persen.

Secara tahunan (YoY), masih sama seperti bulan sebelumnya, kenaikan terbesar terjadi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 5,87 persen diikuti oleh kelompok transportasi sebesar 4,61 persen. Komoditi utama pendorong tingginya inflasi YoY untuk kelompok makanan, minuman dan tembakau adalah komoditi cabai rawit, cabai merah, beras.

Sedangkan untuk kelompok transportasi adalah ongkos perbaikan ringan kendaraan, tarif angkutan udara dan ban luar motor.

Meskipun pada bulan Desember Kota Maumere sudah mengalami penurunan tingkat inflasi dibanding bulan sebelumnya, namun perlu tetap diwaspadai karena kota Maumere masuk dalam daftar kota yang mengalami inflasi tahunan hampir selalu diatas 3 persen.  (ino)

Komentar ANDA?