Hari Pertama di Maumere, Kapolres Sikka Diterima di Jalan Raya

0
517
Foto: Para perwira Polres Sikka menyambut Kapolres Sikka Rickson PM Situmorang dengan tradisi pedang tora, Rabu (17/1), di halaman Mapolres Sikka

NTTsatu.com – MAUMERE– Kapolres Sikka yang baru Rickson PM Situmorang, Rabu (17/1) melaksanakan tugas hari pertama di Kabupaten Sikka. Dia diterima secara adat di jalan raya, persisnya di Jalan Ahmad Yani depan Mapolres Sikka. Oskar Pareira Mandalangi, salah satu tokoh adat, memerciki Rickson Situmorang bersama istri dengan air adat yang dalam bahasa setempat disebut huler waer.

Tarian papak dari Sanggar Tari SDK Bhaktyarsa mengiringi Rickson Situmorang menuju Mapolres Sikka. Di halaman Mapolres Sikka, mantan Kasubdit II Ditres Narkoba Polda Maluku itu disambut traidisi dalam kepolisian yakni pedang tora. Rickson Situmorang dan istri melewati barisan para perwira yang memegang pedang.

Rickson Situmorang tiba pagi tadi di Maumere melalui Bandara Frans Seda. Dia dijemput Wakapolres Sikka Iwan Iswayudi langsung di tangga pesawat, dan kemudian beristirahat sejenak di Ruang VIP Bandara Frans Seda. Di Ruang VIP sudah menunggu Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera, Wakil Bupati Sikka Paolus Nong susar, Ketua DPRD Sikka Rafael Raga, Ketua Pengadilan Negeri Rahmat Sanjaya dan Kajari Maumere Azwan Tanjung.

Usai peyambutan secara sederhana, Rickson Situmorang menggelar pertemuan secara meluas dengan anggota Polres Sikka bertempat di Aula Kemala Hikmah Polres Sikka. Pertemuan ini berlangsung kurang lebih 2 jam dalam suasana yang akrab.

Dalam pertemuan itu Kabag Ops Polres Sikka Siprianus Abatan melaporkan secara umum gambaran dan kondisi wilayah Kabupaten Sikka serta wilayah hukum Polres Sikka. Kabag Ops Polres Sikka menjelaskan situasi Kabupaten Sikka dalam keadaan kondusif dan terkendali.

Siprianus Abatan juga menyinggung tentang kegiatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka Tahun 2018. Dia menyampaikan jadwal dan tahapan, serta rancangan pengamanan berikut personil yang sudah direncanakan sejak kepemimpinan I Made Kusuma Jaya.

Rickson Situmorang mengatakan penempatan dirinya di Kabupaten Sikka merupakan pertama kali dia bertugas di wilayah Polda NTT. Sebelumnya, dalam berbagai jabatan dia pernah bertugas antara lain di Polda Metro, Polda Kaltim, dan Polda Maluku.

“Dari Maluku terus ke sini, sepertinya penduduknya tidak terlalu jauh berbeda. Bahasanya juga hampir sama. Kemarin di Kupang saya dengar sonde sonde begitu, yah kalau di Maluku dengan seng. Jadi saya merasa tidak asing lagi di sini,” kesan Rickson Situmorang.

Rickson Situmorang merasa bersyukur karena kedatangannya di hari pertama mendapat laporan situasi kondusif daerah ini. Dia mengajak semua anggota Polres Sikka untuk terus menciptakan situasi yang aman dan tertib bagi masyarakat Kabupaten Sikka, apalagi menjelang Pilbup Sikka Tahun 2018 ini.

Rickson Situmorang sebelumnya bertugas sebagai Kasubdit II Ditres Narkoba Polda Maluku selama kurang lebih 1 tahun. Dia kemudian dimutasikan menjadi Kapolres Sikka menggantikan I Made Kusuma Jaya yang berpindah tugas sebagai Kabid Hukum Polda DIY. I Made Kusuma Jaya sendiri sudah meninggalkan Kota Maumere pada Selasa (16/1) dalam kondisi sedang mengaklami sakit demam berdarah. (vic)

Komentar ANDA?