Haruslah Kamu Sempurna Sama Seperti Bapamu di Surga.  Mt 5: 43 – 48

0
730

Rm. Ambros Ladjar, Pr

Selasa, 15 Juni 2021.
Bac. 2 Kor 8: 1 – 9

Dalam hidup masyarakat, saling melayani memang tak sulit. Sebab kasih sayang itu diwujudkan dalam “sikap saling kasih dan menyayangi”.  Hampir semua agama mengajarkan hal ini demi mewujudkan hidup yang sempurna. Kasih sayang itu punya daya kekuatan dalam hidup bersama jika dibarengi dengan sikap pengampunan.

Di komunitas, dalam keluarga, dalam sebuah unit kerja, dll bilamana dihayati dengan tulus. Kasih serupa ini memang tak mengharapkan balasan. Tanpa pamrih atau perhitungan tertentu di baliknya, tapi punya daya kekuatan dasyat.

Baik rasul Paulus maupun Yesus berbicara tentang kasih dalam kedua bacaan hari ini. Paulus mengajak kita *berkembang agar kaya dalam pelayanan kasih*. Itu berarti kita diharapkan agar terus bersaing dalam kebajikan. Saling membantu satu sama lain dalam segala kekurangan. Tampaknya mudah, tapi sangat susah jikalau kasih itu diarahkan kepada para musuh atau lawan.

Dengan cara kita, mereka itu ingin kita habisi. Karena dengan terang-terangan mau mencelakakan kita. Tidak salahkah mereka harus kita perlakukan dengan baik? Orang yang tak kenal Allah pun dapat mewujudkan kasih itu. Apalagi jika kalian sudah tahu pokok ajaran tentang hukum kasih Kristus.

Yesus mengajarkan kita agar orientasi kita, *dalam hal kasih harus lebih progresif*. Tahap demi tahap harus lebih maju agar bisa sempurna hidup. Salah satu kiat yang disinggung Yesus yakni usaha mengasihi musuh dan mendoakan mereka. Jika anda cuma beri salam kepada orangmu, keluargamu, sahabatmu saja, hal itu pun sudah biasa dilakukan orang tak beriman. Bialamana orang hanya lakukan hal seperti ini maka tak ada sesuatu yang baru. Hukum baru yang diajarkan Yesus disertai dengan teladan hidup-Nya. *Dia mengasihi para musuh yang menganiaya Diri-Nya*. Beranikah kita para murid Kristus melakukan gebrakan guna mengejar cara hidup yang sempurna?

Salam sehat di Hari Selasa buat semuanya. *Tetap taat menjaga Prokes*. Tuhan memberkati segala aktivitas hidup keluarga kita masing- masing dengan kesehatan, keberuntungan, sukses dan sukacita hidup. Amin 🙏🙏🌹✝️🌹🍇🫐🔥🔥🇮🇩🇮🇩

Pastor Paroki Katedral Kupang

Komentar ANDA?