Bupati Don Uji Coba Penerapan New Normal di Pasar Rabu Boawae

0
1224

NTTsatu.com –NAGEKEO — Bupati Kabupaten Nagekeo, Johanes Don Bosco Do memastikan tidak ada penutupan pasar diwilayah Kabupaten Nagekeo, tepatnya di Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo saat pandemi Covid-19. Rabu (10/6).

Don Bosco melaksanakan uji coba new normal atau tatanan hidup baru dengan perketat protokol kesehatan bagi para pedagang dan pembeli di pasar Rabu tersebut.

“Pasar tidak boleh berhenti apalagi tutup. Ini tempat rakyat kecil untuk mengais rezeki tetapi perketat dan wajib semua pedagang dan pengunjung patuhi protokol Kesehatan,” ungkapnya.

Dihadapan para pedagang, Don Bosco menyampaikan, ketika pemerintah melakukan penataan fisik areal pasar, semua harus siap untuk direlokasi. Agar tampilan wajah pasar Rabu ini bisa berubah baik, maka mau tidak mau semua pengguna pasar terutama yang tidur bangun di los pasar siang malam tanpa izin, pelan-pelan harus mulai keluar dan tinggal di tempat lain di luar pasar.

“Ini hari pertama aktivitas di pasar Rabu. Covid-19 mengantar kita untuk serius mengurus kebutuhan riil warga termasuk pasar. Pasar Rabu dan pasar-pasar lainnya di Nagekeo akan ditata secara bertahap. Banyak pihak di wilayah Kecamatan Boawae ini baik dari unsur pemerintah, gereja, para pemuda dan relawan maupun warga setempat yang benar-benar terjun langsung mengkampanyekan prokol kesehatan guna melawan Covid-19 termasuk juga pengurus pasar Rabu ini,” paparnya.

Kepada para pedagang, Don Bosco menghimbau dari rumah kita pastikan ke pasar mau beli apa atau mau jual apa. Selesai berjualan dan belanja langsung pulang, jangan lupa pakai masker dan cuci tangan.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Nagekeo, Marselinus Fabianus Ajo Bupu, mengatakan, pada pelaksanaan new normal di pasar Rabu untuk hari ini, baik pedagang maupun pembeli harus membiasakan penggunaan masker dan face shield, cuci tangan dan physical distancing demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Protokol kesehatan untuk melindungi semuanya, apalagi lansia yang sangat rentan sekali tertular. Selain itu saya sudah sampaikan memang sejak awal kepada para pedagang dan pembeli di pasar Rabu ini, agar masing-masing pihak benar-benar siap menghadapi perubahan, dan kerja-kerja pemerintah selanjutnya untuk di pasar Rabu ini sejauh pantauan saya selama ini tidak menemui kendala,” tandasnya.

Foro:  Tampak Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do beserta rombongan pemerintah daerah Kabupaten Nagekeo hendak mengunjungi lokasi los pasar Rabu di wilayah Kecamatan Boawae (foto: atty tim)

Sementara itu Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Nagekeo, Djawaria Kristildis Maria Simporosa mengatakan, di tengah pandemi covid, semua pihak terdorong untuk kembali membenahi dan memanfaatkan fasilitas ini secara optimal. Selama seminggu, pihak Dinas Koperindag dibantu Camat, Forkompimcam, para RT dan warga serta relawan, bahu membahu menata, membongkar, memindahkan lapak-lapak yang rusak, serta memungut dan membersihkan kotoran sampah yang bertebaran di mana-mana dalam areal pasar pasca tanpa aktifitas pasar.

“Kami sangat terbantu dengan adanya dukungan dan semangat nyata dari warga dan relawan termasuk Pastor Paroki Boawae”, imbuhnya.

Pantauan awak media dilokasi pasar Rabu Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do didampingi Ketua DPRD Nagekeo, Marselinus Fabianus Ajo Bupu dan Asisten II Setda Kabupaten Nagekeo bidang Perekonomian dan Pembangunan ,Syarif Ibrahim, Kadiskoperindag, Djawaria Kristildis Maria Simporosa, Plt. Kadishub, Fery Muga, Kabid pada Dinas Pol PP dan Kebakaran ,Alfons Rangga, Kabid Penagihan dan Keberatan pada Badan Keuangan Daerah, Mersy Be’i, Kabid Pelayanan Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip, Geger Prayitno Samid, Kabag Humas dan Protokol Pemda Nagekeo, Silvester Teda Sada, Camat Boawae, Sales Ujang Dekresano, juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meninjau seluruh areal dan fisik bangunan los-los pasar. Ada sejumlah bangunan permanen milik pemerintah maupun bangunan darurat milik perorangan. (Atty Tim).

========

Foro:  Tampak Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do beserta rombongan pemerintah daerah Kabupaten Nagekeo hendak mengunjungi lokasi los pasar Rabu di wilayah Kecamatan Boawae

Komentar ANDA?