BINDA NTT Kembali Gelar Vaksinasi Bagi Anak-anak di Kota Kupang, Capai 1.807 Dosis

0
829

NTTSATU.COM — KUPANG–  Badan Intelijen Negara Daerah Nusa Tenggara Timur (Binda NTT) terus gencarkan vaksinasi bagi anak-anak usia enam tahun sampai sebelas tahun di Kota Kupang. Tujuan vaksinasi adalah demi mendukung pembelajaran tatap muka seratus persen dan memutus mata rantai penularan virus korona.

“Jumat, 21 Januari 2022, Binda NTT melaksanakan vaksinasi di lima (5) sekolah, yakni SD Santo Yoseph 3, SMP 5, SD Inpres Oebobo 1, SDK Canosa, dan SD Negeri Nikoten 1,” kata Koordinator Binda Kota Kupang, Ary Udayana dalam keterangannya.

“Hari ini, capaian vaksinasi berjumlah 1. 287 dosis, sedang kemarin capaian 520 dosis, sehingga total capaian 1.807 dosis,”  tulis Ary.

Selain mendukung pembelajaran tatap muka seratus persen, Ary Udayana menerangkan bahwa vaksinasi bagi anak-anak juga bertujuan mencapai kekebalan komunal atau herd immunity agar menekan penularan virus Covid-19.

“Kami melihat hampir dua (2) tahun proses pembelajaran dilaksanakan secara online, sehingga hal ini berdampak pada tumbuh kembang dan proses pendidikan anak yang menjadi terhambat,” jelas Ary.

Lebih jauh, Ary Udayana mengungkapkan bahwa tidak semua orang tua siswa memiliki smartphone, sehingga hal ini diharapkan bisa membantu siswa dan orang tua dalam percepatan pelaksanaan pembelajaran tatap muka seratus persen.

“Kami juga membuka layanan vaksinasi bagi masyarakat umum, namun anak-anak yang menjadi skala prioritas terlebih dahulu,” beber Ary.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Kota Kupang, Mira Tade. Ia menjelaskan, tujuan diadakan vaksinasi untuk siswa adalah untuk meningkatkan imun tubuh siswa, sehingga tidak mudah terpapar virus covid 19.

Mira Tade menyebutkan, siswa yang divaksin di SMPN 5 Kota Kupang kurang lebih 100 orang. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Badan Intelijen Negara atas kegiatan vaksinasi bagi anak-anak.

“Pendapat saya, BIN sangat baik dalam menjalankan tugas di lapangan,” ungkap Mira Tade.

Sebelumnya, Kamis, 20 Januari 2022, pelaksanaan vaksinasi jenis Sinovc bagi anak-anak dengan target 2000 dosis dilaksanakan di SD Santo Yoseph, SD Inpres Naimata, SD Inpres Mapoli oleh para medis dari BIN, RS. Wirasakti, dan Puskemas di Kota Kupang. Untuk diketahui, pelaksanaan vaksinasi diagendakan hingga Sabtu, 22 Januari 2022. (eman)

===========

Keterangan Foto: Pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak usia enam tahun sampai sebelas tahun di SD Negeri Naikoten 1, Kota Kupang, Jumat, 21 Januari 2022.

Komentar ANDA?