Pemkot Kupang Akan Tanam 2.000 Pohon Saat GKH

0
226

NTTsatu.com — KUPANG —  Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan melakukan aksi tanam 2 ribu pohon dalam rangka Gerakan Kupang Hijau (GKH) besok, Sabtu, 11 Juli 2020.

Kegiatan tersebut merupakan sinergitas bersama Pemkot Kupang, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan (FKLJK), pengusaha swasta dan dalam rangka Hari UlangTahun  Bank NTT ke-58.

“Besok, kita akan lakukan Gerakan Kupang Hijau dengan menanam pohon bersama di lokasi yang sudah ditentukan dengan tujuan menghijaukan kota ini,” kata Wali kota Kupang, saat jumpa pers Ayo Dukung dan Sukseskan Kegiatan Tanam Pohon dan Gowes GKH, Jumat, 10 Juli 2020.

Ketua GKH, Alex Riwu Kaho yang juga Plt. Dirut Bank NTT ini mengatakan kegiatan tanam pohon bersama direncanakan akan menanam sebanyak 2 ribu pohon yang terdiri dari beberapa jenis pohon antara lain Sepe, Trambesi dan Ketapang Kencana.

“Bebas sampah plastik, membuat jebakan air tanah dan tanam pohon menjadi tiga hal prioritas dalam program GKH,” katanya.

Menurut dia, program GKH dengan mengurangi sampah plastik di daerah Penkase kecamatan Alak dan membuat jebakan air dengan pihak akedemisi dari Universitas Kristen (Unkris) dan sudah di lakukan sebelumnya sementara gerakan penanaman pohon bersama tersebut akan di lakukan secara simbolis di lokasi Jalur40- Jembatan Petuk II Kelurahan Naimata, Sabtu, 11 Juli 2020.

“Kegiatan tanam pohon ini selaras dengan program Pemkot Kupang untuk menjadikan Kota Kupang layak huni, ramah lingkungan serta kenyaman dan keasrian dengan memberdayakan semua potensi dan berkolaborasi serta bersinergi dengan berbagai pihak,” kata Riwu Kaho.

GKH merupakan program pemkot Kupang yang tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) melainkan menghimpun partisipasi pihak swasta dan masyarakat dari berbagai kalangan yang memberikan dukungan melalui dana tanggung jawab sosial atau Corporate Social Respobility (CSR). (*/bp)

Komentar ANDA?