Polda NTT Siagakan 5.251 Personil Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru

0
137
Foto: Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Lilin Tarungga 2018 di Mapolda NTT, Jumat, 21 Desember 2018

NTTsatu.com – KUPANG – Untuk mengamankan Hari Raya Natal dan Tahun baru di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT),  Kepolisian Daerah (Polda) NTT mensiagakan sedikitnya  5.251 personel gabungan.

Kapolda NTT Irjen Pol Raja Erizman kepada wartawan di Kupang, Sabtu (22/12) mengatakan bahwa jumlah tersebut merupakan gabungan dari seluruh anggota Polri wilayah NTT serta TNI, Satpol PP,  Linmas, serta sejumlah pihak keamanan lainnya.

“Kalau dirincikan dari total jumlah personel itu, personel kepolisian wilayah NTT sendiri mulai dari Polda NTT dan Polres jajaran mencapai 2.417 personel,” katanya.

Jumlah itu terdiri dari 257 personel dari Polda NTT serta 2.160 personel dari Polres jajaran. Sementara TNI wilayah NTT sendiri mensiagakan 546 personel.
Jenderal Polisi berbintang dua itu mengatakan bahwa perayaan Natal 2018 yang dibarengi dengan perayaan Tahun Baru 2019 merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional.
Mencermati realitas itu kata Kapolda, akan memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas modatransportasi, serta peningkatan “demand” terhadap kebutuhan pokok khususnya bahan pangan.
“Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita bersama, karena itu kita akan mengamankan semua itu dengan baik,” tukasnya.

Kapolda NTT yang pernah menjabat sebagai Kadivkum Mabes Polri itu juga menambahkan bahwa perlu kerja bersama, tidak hanya oleh pihak keamanan saja tetapi seluruh masyarakat di wilayah provinsi berbasis kepulauan itu.
Pihak keamanan juga kata dia sudah bekerja sama mencegah berbagai hal yang tidak dinginkan terjadi selama perayaan Natal dan Tahun Baru dengan mengelar Pam Lilin Turangga 2018.
Untuk wilayah NTT, dilaksanakan menyebar di 3.003 Gereja, 40 Terminal, 43 Pelabuhan, 14 Bandara, 167 tempat wisata, 98 Pusat Perbelanjaan.
Disamping itu juga dilaksanakan pengamanan di 52 tempat perayaan ganti tahun, 64 Hotel, 23 lapangan terbuka, 51 restoran, 31 Pantai.
“Sedangkan daerah operasi Pam Lilin Turangga 2018 ada 16 Polres dan 1 Kota yakni di Kota Kupang,” pungkasnya. (ant/ambu)

Komentar ANDA?