Sebuah Rumah Kios Warga di Wairiang Lembata Terbakar

0
211

NTTsatu.com – LEMBATA – Sebuah rumah kios milik Muhamad Faisal yang berada di Desa Umaleu, Kecamatan Buyasuri Ludes dilahap si jago merah pada Minggu, 8 Desember 2019. Kebakaran yang terjadi pada pagi hari sekira pukul 08.00 Wita ini diduga akibat hubungan arus pendek.

Saksi mata yang juga warga setempat, Saleha Haji Muhamad melihat munculnya api dari atas bubungan secara tiba-tiba.

“Kami duduk di depan rumah, tiba-tiba melihat api munculnya dari atas atap sehinga kami juga berusaha untuk menyelamatkan barang sambil berteriak untuk meminta bantuan warga setempat,” ungkap Saleha.

Pemilik rumah, Muhamad Faisal mengatakan ia baru tahu kejadian tersebut saat mendengar teriakan adiknya dari dalam rumah.

Saat itu Faisal bersama istri baru pulang dari pesantren di Atu’walupang.

“Sesampainya di rumah karena cuaca panas sehingga saya langsung duduk di depan rumah. Tiba-tiba saya dengar teriakan adik kandung saya dari dalam rumah katanya ada api,” ungkap Faisal.

Faisal langsung berlari menuju ke dalam rumah namun api semakin membesar sehingga ia hanya menyelamatkan sebuah laptop dan dompet milik istri serta beberapa barang yang sempat dibawa keluar.

“Sementara itu sebagian anggota keluarga yang lain sudah berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri mereka hanya dengan pakaian di badan,” kisah Faisal sambil mengeluarkan air mata.

“Saya hanya memastikan kalau semua keluarga selamat, tetapi ibu sampai saat ini masi shok dan sudah dibawa ke rumah keluarga,” lanjutnya.

Faisal menuturkan beberapa barang penting di antaranya ijasah dan dokumen lain milik keluarga tidak bisa diselamatkan karena api semakin membesar. Kerugian akibat kejadian ini ditaksir mencapai sekitar Rp 200 juta.

“Kami hanya pasrah saja. Intinya nyawa kami sekeluarga selamat,” tuturnya

Hampir semua warga setempat berusaha memadamkan api dengan cara manual karena tidak ada mobil pemadam kebakaran. Api baru berhasil dipadamkan satu jam setelah kejadian atas inisiatif warga yang menghubungi pemilik tangki air. (*/tim)

Komentar ANDA?