Sejumlah Pertimbangan Ricard Eliazer Bisa Tetap di Kepolisian

0
534
NTTSATU.COM — JAKARTA — Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto ¬†menjelaskan ada sejumlah pertimbangan yang bisa membuat Ricard Eliazer tetap di kepolisian.
“Ada beberapa pertimbangan dalam sidang etik yang bisa digunakan agar Eliazer tetap jadi polisi,” kata Benny saat live di kompastv, Minggu, 19 Februari 2023.
 

Dia mencontohkan peran dia mengungkap kasus Duren Tiga yang menewaskan Brigadir Yosua. Dimana dia minta menghadap kapolri, sejak saat itulah kasus Duren 3 terungkap.

“Peran dia cukup signifikan dan ada keberanian untuk ungkap fakta sebenarnya. Ini tentunya akan jadi bahan pertimbangan,” katanya.

Selain itu, fakta-fakta di persidangan juga akan jadi pertimbangan dalam sidang etik. “Tidak hanya meringankan, tapi komitmen yang bersangkutan membantu penegakan hukum sudah terbukti,” ujarnya.

Dalam kasus ini, jelasnya, Ricard Eliazer agak berbeda dengan kasus pidana lainnya. Jika dia tidak berkontribusi besar dalam kasus ini, maka tentunya kasus ini akan menjadi lain. Karena kasus ini sudah direncanakan oleh Ferdi Sambo.

“Kontribusi besar ini yang akan jadi bahan pertimbangan,” katanya.

Bahkan dalam persidangan, tambahnya hanya Eliazer yang menunjukan sikap kesatria dan jujur. “Secara etik ini poin positif. Keputusan yang diambil adalah yang terbaik bagi institusi,” katanya. (*/nttsatu)

Komentar ANDA?