Sektor Transportasi Tumbuh  3,93 Persen, Bupati Djafar Minta Semua Pihak Jaga Pertumbuhan Ini

0
1967

NTTSATU.COM — ENDE — Bupati Ende Drs Haji Djafar Achmad, MM  meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga momentum kinerja positif yang berhasil diraih di sektor transportasi pada tahun 2022.dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Ende atas dasar harga berlaku menurut Lapangan usaha tahun 2022.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ende mencatat sektor transportasi dan pergudangan tumbuh signifikan sebesar 3,93 persen pada tahun 2022 dibanding periode sama tahun sebelumnya hanya 0,79 persen sehingga menjadikannya sektor dengan pertumbuhan cukup tinggi

“Hasil ini bisa menjadi indikator bahwa pemulihan di sektor transportasi yang telah kita bersama upayakan sudah terjadi. Momentum ini harus kita jaga agar di tahun 2023 trennya terus meningkat,” ujar Bupati Djafar ketika ditemuhi di kantor Bupati Kamis (7/9/23.

Selanjutnya Bupati Djafar menjelaskan bahwa, pada awal tahun 2020 lalu telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mendorong percepatan pemulihan sektor transportasi yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Adapun sejumlah strategi yang disampaikan Bupati Ende Drs .H. Djafar Achmad .MM. dalam rapat dengan menteri perhubungan (Menhub) menyampaikan program kerja sektor transportasi , sehingga pada tahun 2022 mendapat dana bantuan dari menteri perhubungan sebesar 85,5 miliar untuk pembangunan terminal Bandara Hasan Aroeboesman Ende diantaranya yakni: mengoptimalkan penerapan pendanaan kreatif non APBN melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam rangka pemenuhan kebutuhan infrastruktur transportasi, mengoptimalkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui Badan Layanan Umum (BLU) sebagai salah satu sumber pendanaan alternatif untuk percepatan pembangunan infrastruktur, mendorong keterlibatan peran swasta dalam percepatan pertumbuhan ekonomi di abupaten Ende, dan melakukan transformasi struktural dan digitalisasi dalam upaya meningkatkan layanan transportasi.

Untuk menjaga momentum positif kinerja sektor transportasi tahun 2023, Bupati Djafar mengungkapkan, akan terus meningkatkan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, yakni dengan Kementerian/Lembaga, BUMN, swasta, akademisi, media dan masyarakat.

Hal tersebut penting dilakukan dalam upaya mengatasi sejumlah tantangan yang ada di sektor transportasi, seperti: keterbatasan fiskal APBN, meningkatnya kebutuhan pendanaan infrastruktur transportasi, belum optimalnya pelayanan transportasi yang terintegrasi, kurangnya tingkat kesadaran akan keselamatan transportasi, hingga pengembangan transportasi berkelanjutan
PT Pelindo mengucurkan dana sebesar 6 milyar untuk memperkuat dermaga IPPI dan Ende untuk menjaga kenyamanan kapal sandar terutama kapal Roro di Pelabuhan Ende dan Pelabuhan Ippi di fokus untuk kapal2 Container sehingga pihak Perhubungan berkat komunikasi Pemerintah daerah Ende dengan pihak Direkrorat Jendral Perhubungan melalui KSOP Pelabuhan Ende memperpanjang lagi dermaga sepanjang 8 meter dan ke depan kita meminta ditambah 20 meter lagi untuk menambah kunjungan kapal dan menjamin kenyamanan kapal yang sandar juga kelancaran arus barang dan penumpang di Kab Ende terjamin , sehingga di kedua Pelabuhan tersebut dapat menyumbangkan PDRB lebih tinggi lagi dari laju pertumbuhan 3,93 persen di tahun2022 meningkat menjadi 5,00 persen ini sebagai target dari Pemda Ende di tahun tahun mendatang itu harapan kami.

Sementara jika aktivitas bongkar muat menggunakan peti kemas berhasil dimaksimalkan maka kegiatan bongkar muat akan lebih efektif. (ino)

Komentar ANDA?