Tujuh Partai Koalisi MJ Sudah Siap Memilih Wakil Bupati Ende 

0
476

NTTSATU.COM — ENDE — Setelah melalui proses yang panjang, tujuh partai koalisi Marsel-Djafar (MJ) sepakat mengusulkan nama Erikos Emanuel Rede dan Dominikus Minggu Mere untuk maju dalam pencalonan Wakil Bupati Ende.

Erikos Emanuel Rede merupakan politisi Partai NasDem yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Ende. Erik Rede diusulkan oleh enam partai yakni PDI Perjuangan, PKB, Demokrat, PKPI, NasDem, dan PKS.

Sementara Dominikus Minggu Mere adalah seorang mantan birokrat yang pernah menduduki jabatan Sekda Ende dan Kadis Kesehatan Provinsi NTT. Ia diusulkan oleh Partai Golkar.

Sekretaris partai koalisi, Oktavianus Moa Mesi yang dikonfirmasi media di Ende, Senin (13/9/2021) menjelaskan, tujuh partai koalisi MJ telah menandatangani surat usulan dan berita acara pengajuan nama Calon Wakil Bupati Ende.

Dikatakan politisi Nasdem tersebut, pihaknya akan menyerahkan nama Erik Rede dan Domi Mere kepada Bupati Ende, untuk selanjutnya diserahkan kepada DPRD.
Ditambahkannya, mengacu pada UU Nomor 10 tahun 2016 Tentang Pemilihan Kepala Daerah, DPRD akan membentuk Panitia Pemilihan (Pamil) yang bertugas untuk memverifikasi calon, pembentukan tata tertib, dan mekanisme pemilihan.
“Jadi kita akan agendakan dalam minggu ini (pertengahan September-red) untuk serahkan dua nama ke Pak Bupati untuk diberikan kepada DPRD. Proses di DPRD tentu mengikuti aturan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016. Seperti pembentukan Pamil dan lain-lain. Target kita hingga akhir tahun mudah-mudahan sudah ada wakil bupati,” ujar mantan Ketua GMNI Cabang Ende ini.
Pertemuan di Rujab Bupati

 

Terpisah, Bupati Ende Djafar Achmad mengakui adanya pertemuan pimpinan dan pengurus partai koalisi MJ di rumah jabatan Bupati Ende pada Sabtu (11/9/2021) malam.

Proses pengisian kursi Wabup Ende, kata Bupati Djafar, sudah tak menemui masalah.

“Sudah tidak ada masalah. Mereka sudah tandatangani kesepakatan dua calon. Mudah-mudahan tidak lama lagi. Ya memang dua calon itu putra terbaik Ende,” kata Bupati Djafar singkat.

Senada, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Ende, Heri Wadhi yang dikonfirmasi wartawan melalui sambungan seluler pada Senin (13/9/2021) mengatakan, proses di koalisi telah final dan disepakati dua nama calon Wabup. Semua pimpinan partai telah menandatangani surat usulan dan berita acara.

Dalam pertemuan pimpinan partai di Rujab Bupati Ende, lanjut Heri Wadhi, kedua calon hadir. Keduanya siap untuk dipilih dalam mekanisme lanjutan di DPRD.

“Pada prinsipnya, kedua kandidat siap. Ada gambaran terkini soal kondisi Kabupaten Ende saat ini oleh Bupati Ende dan ungkapan kedua kandidat siap untuk membantu bupati jika dipercayakan DPRD. Soal teknis, segera diagendakan untuk kita serahkan nama ke pak bupati,” tutup Heri Wadhi. (*/bp)

========
Foto: Sekretaris Partai Koalisi, Oktavianus Moa Mesi 

Komentar ANDA?