Bupati Deno Lantik 141 Kepsek, 29 Diantaranya Perempuan

0
119
Foto: Suasana Pelantikan 141 kepsek SD se kabupaten Manggarai, Sabtu 20 Agustus 2018 di Gedung Manggarai Convention Centre (MCC)

NTTsatu.com – RUTENG – Bupati Manggarai Kamelus Deno, Sabtu, 20 Januari 2018 melantik 141 kepala Sekokah Dasar (SD) se kabupaten Manggarai. Dari jumlah yang ada, sebanyak 21 persen atau 29 orang berupakan Kepsek dari kaum perempuan dan ini sebagai bentuk kesetaraan gender.

“Saya ingin jumlah Kepsek dari kaum perempuan lebih banyak lagi saat pelantikan periode berikut,” jelas Bupati Deno dalam sambutanya seusai melantik dan pengambilan sumpah 141 kepsek SD se kabupaten Manggarai, Sabtu 20 Agustus 2018 di Gedung Manggarai Convention Centre (MCC).

Selain Kepsek sebagai bentuk kesetaraan Gender selama masa jabatanya bersama Waki Bupati viktor Madur, sebagai pemimpin di bumi Congka Sae Manggarai  menginginkan jabatan Eselon  mesti juga harus didominasi oleh kaum wanita.

“Saya mau selama jabatan saya dan pa wakil, kami akan  beri ruang lebih banyak juga untuk  gender,”Jelas Bupati Deno.

Dari 141 Kepsek SD tersebut, ada yang masih mendapatkan SK tugas  di sekolah asal, selain itu  ada pula dipindahkan ke sekolah baru. Sementara Kepsek lama menjadi  guru biasa dan digantikan pejabat baru dari sekolah itu juga.

Terkait  beberapa Kepsek yang hanya menjabat satu hingga dua tahun ke depan karena akan memasuki masa pensiun.

Data yang dihimpun NTTsatu.com tahun 2018 jumlah Kepsek yang dilantik Bupati Deno terbanyak  dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah Kepsek yang dijabat perempuan juga lebih banyak yakni 21 persen atau 29 orang dari jumlah keseluruhan.

Bupati Deno berharap,dalam menjalankan tugas sebagai Kepsek agar selalu gunakan standar nasional pendidikan sebagaimana amanat PP No 19 tahun 2005.

Deno juga mengingatkan dalam PP  74 tahun 2008 tentang guru, tugas Kepsek adalah tugas tambahan. Tugas pokok tetap sebagai guru yang mengajar anak didik.

“Artinya meski diatur Kepsek, dia buka bebas dari jam mengajar. Kalau terjadi kekurangan guru, Kepsek juga tetap mengajar,”Tambahnya. (mus)

Komentar ANDA?