Gubernur Minta Lakukan Rapid Antigen danTest PCR Bagi Para Pengungsi di Kota Kupang

0
708

NTTsatu.com — KUPANG — Untuk menghindari penyebaran Covid-19 di tempat-tempat pengungsian di Kota Kupang, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) meminta Dinas Kesehatan Provinsi berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang untuk lakukan rapid antigen dan test PCR bagi pengungsi.

“Saya minta Dinas Kesehatan Provinsi berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang supaya lakukan rapid antigen untuk semua pengungsi di tempat pengungsian, “kata Gubernur saat mengunjungi lokasi pengungsian di SD Inpres Labat Kelurahan Bakunase 2 Kecamatan Kota Raja, Senin (12/4).

Bahkan Gubernur meminta agar semua pengungsi yang hasil rapidnya negatif dilakukan test PCR untuk lebih memastikan kenyamanan dan keselamatan para pengungsi.

“Supaya mereka jangan khawatir. Kalau reaktif antigen, langsung diterapi. Yang negatif antigen, kita lakukan test PCR. Karena bisa jadi, yang negatif antigen, begitu PCR hasilnya positif. Kita harus pastikan itu. Silahkan hubungi Rumah Sakit Jiwa Naimata karena ada alat di sana supaya hasil pemeriksaannya cepat keluar dan diketahui, ” kata Gubernur Viktor.

Gubernur meminta agar para pengungsi yang reaktif dan positif untuk ditangani secara baik.
“Supaya lebih terkontrol alangkah lebih baiknya bila diisolasi di rumah sakit atau di tempat isolasi terpusat yang telah ditentukan. Harus ditangani secara baik kalau yang bersangkutan memutuskan untuk lakukan isolasi mandiri, ” jelas Gubernur Viktor.

Secara khusus Gubernur memberikan apresiasi kepada para petugas medis dari puskesmas yang selalu siaga di lokasi pengungsian. “Terima kasih untuk para dokter dan para tenaga medis yang selalu stand by untuk memastikan kesehatan para pengungsi, ” pungkas Gubernur VBL.

Untuk diketahui pada hari Senin (12/4), Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Walikota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore meninjau beberapa titik pengungsian dan lokasi bencana di Kota Kupang.

Beberapa titik yang dikunjungi Gubernur adalah Posko 4 Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), Kampung Amanuban Kelurahan Oebufu Kecamatan Oebobo, Gereja GMIT Kaisarea BTN Kolhua Kelurahan Kolhua Kecamatan Maulafa, SD Inpres Labat Kelurahan Bakunase 2 Kecamatan Kota Raja, dan Gereja GMIT Eden Kisbaki, Kelurahan Manutapen, Lorong Jati Kelurahan Manutapen dan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Air Nona, Kelurahan Naikoten 1 Kecamatan Kota Raja. (sipers)

Komentar ANDA?