Guncangan Gempa di Lembata Makin Keras

0
279
Foto: Lokasi pusat gempa sesuai hasil analisa BMKG

NTTsatu.com – KUPANG – Hari ini, Selasa 10 Oktober 2017 sudah beberapa kali gempa bumi tektonik mengguncang kabupaten Lembata. Gempa terakhir pada pukul 06.23.47 wita. Getarannya terasa hingga Adonara dan Larantuka.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang, Hasanudin melalui rilisnya menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan M=4.9 Skala Richter. Pusat gempabumi berada di darat  23 km arah Barat Laut Pulau Lembata dengan koordinat 8.26 LS dan 123.47 BT didarat pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau III-IV skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Lembata dan sekitarnya.

Kemudian berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG getaran gempabumi dirasakan II SIG-BMKG (III-IV MMI) di wilayah Lembata, Adonara II SIG-BMKG (III-IV MMI), dan Larantuka II SIG-BMKG (III-IV MMI).

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan jenis gempabumi tektonik akibat sesar aktif di sekitar Lembata hingga memicu terjadinya gempabumi.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi Lembata yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 07:03 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, dikarenakan pusat gempabumi berada di darat. (bp)

Komentar ANDA?