Ini Langkah Mengelola Gaji Bulanan

0
686
Foto: Ilustrasi

Selamat! Akhirnya gaji yang kamu terima sekarang akan naik. Ntah karena sudah memasuki tahun berikutnya di perusahaan ataukah kamu memang meminta untuk naik gaji, intinya selamat bagi kamu!

Yang jadi masalah di kemudian hari adalah tak sedikit orang yang merasa masih kurang. Gaji sudah naik tetapi, kok, tidak ada peningkatan tabungan? Mengapa masih begitu-begitu saja. Sebenarnya kamu bisa langsung menebak sendiri apa masalahnya: bisa jadi seiring meningkatnya gaji maka meningkat pula gaya hidup. Itu adalah salah satu masalah yang paling krusial.

Jadi, ketika gaji kamu naik, jangan senang dulu! Ikuti langkah mengelola gaji bulanan berikut ini. Dengan begitu, nominal gaji yang sudah kamu idam-idamkan tersebut benar-benar bermanfaat.

3 Langkah Sederhana Mengelola Gaji Bulanan

  • Tahan diri

Apa goals kamu ketika kamu sudah naik gaji? Biasanya adalah supaya bisa menabung lebih banyak lagi dan lebih tenang menjalani hidup karena kamu sudah ada tabungan. Namun, tak jarang, mereka yang naik gaji malah merasa naik pula kebutuhan hidupnya. Padahal apa yang mereka inginkan tersebut bukanlah kebutuhan.

Oleh sebab itu, ketika kamu sudah naik gaji sebaiknya tahan diri terhadap keinginan itu-itu. Meski kamu punya kartu kredit sekalipun dan merasa itu akan bisa dibayarkan di bulan depan – hitung kembali apakah pengeluaran tersebut kamu butuhkan atau tidak? Plus, sesuai tidak dengan kemampuan kamu yang sebenarnya.

  • Bikin catatan keuangan

Yang cukup sering terlupakan ketika sudah berurusan dengan uang adalah catatan. Catatan sangat penting untuk mengetahui apa saja pengeluaran dan pemasukan kamu selama ini. Dengan begitu, kamu bisa evaluasi seberapa besar dana yang sebenarnya kamu butuhkan. Pun kamu dapat lihat seberapa disiplin kamu dalam menggunakan uang.

Mulai dari sekarang evaluasi kembali keuangan kamu. Pada dasarnya kebutuhan hidup kita tak akan jauh berbeda dari waktu ke waktu asalkan masih dalam standar gaya hidup yang tak tinggi. Meski kamu bergaji 10 juta sekalipun, bisa jadi kebutuhan hidup pada umunya hanya butuh 3 juta saja – itu pun sudah cukup mewah!

  • Langsung sisihkan dana untuk tabungan / investasi

Jangan berpikir soal belanja, belanja dan belanja dulu. Sekarang kamu sudah cukup lega untuk menabung, jadi menabunglah! Pada awal bulan penerimaan gaji, paksa diri kamu untuk langsung menyisikan dana untuk tabungan dan investasi.

Apabila kamu termasuk orang yang sulit menabung, buatlah tabungan yang tak bisa ditarik sesuka hati kamu. Sebagai contoh, deposito ataupun coba investasi reksadana sedini mungkin.

Belanja tak ada salahnya, asalkan kamu dapat menghemat dengan beberapa cara. Semisal, jangan membeli barang-barang yang mahal apabila masih dapat barang dengan harga lebih murah tapi kualitas sama. Atau, kamu bisa tunggu program diskon tertentu. Sebagai contoh, kartu kredit bca cukup sering bekerja sama dengan merchant-merchant tertentu dengan menyediakan potongan harga. Kamu tetap bisa gunakan barang-barang branded namun dengan harga miring. Berhemat tak harus selalu ekstrim, bukan?

Sekali lagi, selamat untuk kenaikan gaji kamu! Langkah berikutnya adalah tetap patuh dengan rencana pengelolaan gaji bulanan yang sudah kamu terima tersebut agar lebih bermanfaat lagi. Pikirkan juga masa depan kamu yang masih terlihat sangat jauh, apa saja harapan yang ingin kamu capai – dengan begitu kamu lebih mudah untuk mengelola gaji secara bijak.

Salam sukses! (*)

Komentar ANDA?