Ketua KPU Sikka Lantik PPK Pileg dan Pilpres

0
428
Foto: Ketua KPU Sikka Vivano Bogar sedang melantik 63 Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019, di Aula Hendrik Maumere, Rabu (7/3)

NTTsatu.com – MAUMERE– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka sedang konsentrasi menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT. Dalam kesibukan itu, Ketua KPU Sikka Vivano Bogar melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk kegiatan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019.

Pelantikan PPK ini berlangsung di Aula Hendrik di Jalan Litbang, Kelurahan Kota Uneng, Rabu (7/3). Hadir dalam kegiatan ini seluruh komisioner yakni Fery Soge, Alfonsius Hilarius Ase, Jufri, dan Elsy Puspasari. Bertindak sebagai rohaniwan pendamping yakni Romo Siriakus Ndolu dari unsur Katolik dan Haji Abdullah Nemba dari unsur Islam.

Jumlah PPK yang dilantik sebanyak 63 orang, lebih sedikit dari jumlah PPK untuk Pilgub NTT dan Pilbup Sikka. Jurubicara KPU Sikka Feri Soge menjelaskan, untuk Pilgub NTT dan Pilbup Sikka, personil PPK berjumlah 5 orang pada setiap kecamatan. Sedangkan untuk Pileg dan Pilpres, personil PPK hanya berjumlah 3 orang.

“Dari sisi jumlah agak sedikit berbeda. Kalau Pilgub NTT dan Pilbup Sikka masing-masing kecamatan 5 orang. Karena kita di sini terdapat 21 kecamatan sehingga jumlahnya 105 orang. Tetapi di Pileg dan Pilpres hanya 3 orang sesuai regulasi terbaru, sehingga jumlah PPK hanya 63 orang,” jelas Feri Soge.

Pada momen pelantikan itu, Vivano Bogar memberi respek positif kepada semua PPK yang sudah dilantik. Dia mengingatkan agar PPK menjalankan kepercayaan tugas dan jabatan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat melayani rakyat dan peserta pemilu berdasarkan peraturan undang-undang, kode etik penyelenggara pemilu dan arahan teknis KPU Sikka.

Untuk kegiatan awal, PPK yang sudah dilantik akan mempersiapkan pelantikan 480 anggota Panitia Pemilihan Setempat (PPS) pada 160 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Sikka. Selain itu PPK juga akan berhadapan dengan kerja awal berupa pengelolaan data pemilih.

Pelantikan PPS dijadwalkan pada Jumat (9/3), berlangsung di masing-masing ibukota kecamatan. Dan menurut rencana, Ketua PPK masing-masing kecamatan yang langsung melantik PPS yang berada di dalam wilayah kerja kecamatan.

Feri Soge menambahkan, dari 63 orang PPK yang baru saja dilantik, terdapat 3 orang PPK yang bertugas rangkap sebagai PPK pada Pilbup Sikka. Meskipun menjalani tugas rangkap, dengan beban tugas yang berat, dan tahapan yang berbeda-beda, Feri Soge mengatakan tugas rangkap tersebut tidak akan mengganggu pelaksanaan tahapan pada dua kegiatan politik ini.

Hingga saat ini belum diketahui di mana nantinya Sekretariat PPK Pileg dan Pilpres. Sementara PPK Pilgub dan Pilbup selama ini telah membuka Sekretariat di Kantor Kecamatan. Feri Soge mengatakan phaknya masih menunggu arahan dari KPU Provinsi NTT. (vic)

Komentar ANDA?