MPI Ilegal Deportasi Sudah Tiba di Tempat Asal Mereka

0
420

NTTsatu.com – KUPANG N- Pekerja Migran Indonesia (PMI)  asal NTT yang dideportasi dari Malaysia melalui Nunukan Kalimantan Timur sudah tiba di kampung halaman mereka masing-masing. PMI asal Flotim dan Lembata tiba di Lewoleba, Lembata Selasa, 29 Januari 2019 menggunakan jasa pelayaran KMP Lambelu.

Aktivis human trafficking di Flores Timur, Noben Dasilva yang dihubungi media ini, Kamis, 31 Januari 2019 dari Kupang ke Larantuka menjelaskan, PMI asal Flotim dan Lembata sudah tiba di Lewoleba tanggal 29 Januari dan sudah sampai ke kampung halaman mereka masing-masing.

Dia menyampaikan terima kasih kepada semua rekan anggota Polisi Polres Lembata yang sudah membantunya mendampingi para PMI deportasi mulai dari pelabuhan terutama perawatan PMI yang menderita sakit dan harus menunggu sampai pagi di RSUD Lewoleba.

“Terimakasih buat bapa Waka Polres, Kasat Serse, Kasat Intel Polres Lembata atas kerjasamanya,” kata Noben

Dia mengatakan, saat menjemput mereka tanggal 29 Januaari 2019 dinihari, dia berdialog dengan para PMI itu. Mereka mengaku sangat bahagian karena boleh kembali berkumpul dengan keluarga di kampung halaman sendiri setelah hampir dua bulan mereka berada dalam penjara di Malaysia Timur.

Foto: Inilah wajah-wajah  PMI Deportasi saat tiba di Lewoleba Lembata, Selasa, 29 Januari 2019

Diberitakan sebelumnya, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Nunukan Provinsi Kalimantan Timur sudah memulangkan 150 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka diperkirakan tiba di daerah ini tanggal 29 atau 30 Januari 2019 mendatang. PMI ilegal ini dideportasi dari Malaysia karena tidak memiliki dokumen.

Data yang diperoleh media ini dari aktivis peduli migran, Noben Dasilva Jumat, 25 Januari 2019 menyebutkan BP3TKI Nunukan sudah menginformasikan pemulangan 150 PMI asal NTT yang dipulangkan dari Malaysia dan selanjutnya akan dipulangkan ke daerah ini dengan KM Nambelu. (bp)

======

Foto: Inilah wajah-wajah  PMI Deportasi saat tiba di Lewoleba Lembata, Selasa, 29 Januari 2019

Komentar ANDA?