NTT Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2016

0
183
Foto: Rombongan NTT yang dipimpin Gubernur Frans Lebu Raya ketika malam API 2016

KUPANG. NTTsatu.com – Upaya Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menggencarkan promosi pariwisata di daerah ini berbuah manis. Dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016, Provinsi NTT berhasil menjadi juara umum .

Kepala Biro Humas Setda NTT, Semuel Pakerenga yang dihuungi dari Kupang, Jumat, 16 September 2016 malam menjelaskan, dari 10 kategori yang dilombakan, NTT masuk nominasi dalam enam kategori dan berhasil menjadi juara satu untuk beberapa kategori.

Dia menjeaskan, untuk kategori Tempat Berselancar Terpopuler (Most Popular Surfing Spot), Pantai Nemberala di Kabupaten Rote Ndao keluar sebagai juara pertama.

Kategori Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihannya (Most Popular Cleanliness), Pantai Nihiwatu, Sumba Barat sebagai juara pertama , kategori Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site), Situs Bung Karno di Ende juga jura pertama, kategori Tempat Menyelam Terpopuler (Most Popular Diving Spot), Pulau Alor lagi-lagi menjadi juara pertama.

Semetara kategori Atraksi Budaya Terpopuler (Most Popular Cultural Atraction), Pasola di Sumba Barat Daya mendapatkan juara 2, selanjutnya, kategori Dataran Tinggi Terpopuler (Most Popular Highland), Danau Kelimutu di Kabupaten Ende menenpati urutan ketiga.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Dalam malam API tahun ini yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Sodarman, Gedung Satpa Pesona Kementerian Pariwisata RI, diumumkan hasil rekapitulasi data vouters  yang diperoleh mencapai 53.097 vouters. Dari data vuters tersebut, yang menganggumkan adalah sebanyak  4.331 vouters berasal dari uar negeri antara lain dari Amerika, India dan Kanada. (*/bp)

Komentar ANDA?