Patung Anton Enga Tifaona di Lembata Diresmikan

0
587
Acara peresmian patung Anton Enga Tifaona ditandai dengan penandatangan berita acara dan sirene. Pada kesrmpatan itu, keluarga Anton Enga Tifaona  meyerahkan sertifikat lahan, dimana patung berada untuk dikelola selanjutnya. 

Penjabat Bupati Lembata,  Marsianus Jawa mengatakan patung Anto Enga Tifaona ini akan dijadikan ikon warga Kota Lowoleba, karena menjadi tempat bersejarah bagi Lembata.

“Kami terima pengelolaan patung Anton Enga Tifaona dengan senang hati, karena akan menjadi sejarah kabupaten Lembata dan ikon Kota Lewoleba,” katanya.

Patung  ini, menurut dia, harus dijadikan sebagai tokoh inspirasi bagi anak muda dan menjadi teladan. “Anton Enga sudah mendedikasikan hidupnya untuk negara. Ini harus jadi inspirasi masyarakat Lembata,” katanya.

Ketua Yayasan Anton Enga Tifaona,  Bernard Tifaona mengatakan pembangunan patung Anton Enga Tifaona mulai dilakukan pada 10 November 2022, dan sesuai jadwal akan selesia pada Desember 2022. Namun terkendala, sehingga baru selesai pada Januari 2023.

“Patung ini dipersembahkan yayasan Anton Enga Tifaona kepada masyarakat Lembata,”  katanya.

Dia berharap pemerintah daerah bisa mengelola patung ini dengan baik. Patung yang dibangun juga sebagai salah satu syarat menjadikan Anton Enga Tifaona sebagai pahlawan nasional.

“Pembangunan patung ini menghabiskan anggaran Rp2 miliar  termasuk lahan. Terima kasih kepada donatur yang telah menyumbang untuk pembangunan patung  ini,” ujarnya.

Sebelum peresmian, 13 tua adat melakukan ritual menggunakan tembakau koli, tuak putih, dan dedaunan untuk mendingankan patung teraebut. (*/nttsatu)

Komentar ANDA?