Sikka Siap Terima Ibu Iriana Joko Widodo

0
335
Foto: Pelaksana Tugas Bupati Sikka Paolus Nong Susar menggelar rapat persiapan kunjungan Iriana Joko Widodo, istri Presiden RI, di Lantai 2 Kantor Bupati Sikka, Senin (2/4);

NTTsatu.com – MAUMERE – Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka sudah siap menerima kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Rabu (4/4), besok. Seluruh persiapan tengah dikerahkan agar kunjungan ini berlangsung aman, nyaman dan sukses.

Untuk mengetahui sejauh mana persiapan, Pelaksana Tugas Bupati Sikka Paolus Nong susar menggelar rapat persiapan yang berlangsung di Lantai 2 Kantor Bupati Sikka di Jalan Ahmad Yani, Senin (2/4). Paolus Nong Susar langsung memimpin rapat persiapan, didampingi Danrem 161/Wirasakti Teguh Mudji Angkasa, Ketua TP-PKK Provinsi NTT Lusia Adinda Lebu Raya, dan Kasubag Perjalanan Luar Negeri Protokoler Istana Addy Agus Satria.

Rapat persiapan ini untuk mengecek kesiapan tempat-tempat yang bakal dikunjungi Iriana Joko Widodo dan istri-istri menteri kabinet yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabibet Kerja. Iriana Joko Widodo akan mengunjungi PAUD Karya Ilahi, Puskesmas Beru, SMAK Frateran Maumere, Sikka Convention Center, dan makan siang di Sea World Club.

Paolus Nong Susar yang ditemui usai memimpin rapat persiapan menjelaskan pihaknya melakukan persiapan secara maksimal, sambil berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Protokoler Istana, Danrem 161/Wirasakti, Paspampres, TP PKK NTT dan Kabupaten Sikka, serta semua stakehoker lainnya.

“Kalau persiapan, kami di sini sudah maksimal. Kami optimalkan betul untuk menyambut kedatangan Ibu Iriana, sejak penjemputan sampai dengan kembali. Saya mengajak semua masyarakat untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi semua yang datang ke Kabupaten Sikka,” jelas Paolus Nong Susar.

Terkait keamanan, Paolus Nong Susar mengatakan sebagai istri presiden Iriana Joko Widodo akan mendapat keamanan sesuai protokoler negara. Karena itu seluruh tanggung jawab keamanan langsung di bawah koordinir TNI.

Iriana Joko Widodo dan rombongan rencana tiba di Bandara Frans Seda Maumere sekitar pukul 10.00 Wita. Setelah melaksanakan sejumlah kegiatan, dijadwalkan Iriana Joko Widodo akan kembali ke Jakarta sekitar pukul 15.00 Wita. Sebelum kembali ke Jakarta, Iriana berkesempatan makan siang di Sea World sambil menikmati keindahan pantai di tempat itu.

Dari jadwal kunjungan yang diterima media ini, Iriana Joko Widodo pertama kali akan mengunjungi PAUD Karya Ilahi di Kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur. PAUD ini letaknya tidak terlalu jauh dari Bandara Frans Seda Maumere. Anak-anak PAUD akan menyambutnya dengan tarian penjemputan.

Dari situ, Iriana Joko Widodo akan menuju Puskesmas Beru untuk memantau pelaksanaan deteksi dini kanker pada perempuan dengan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) Test. IVA merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%.

Setelah setengah jam di Puskesmas Beru, Iriana Joko Widodo melanjutkan kunjungan ke SMAK Frateran Bunda Hati Kudus Maumere. Di sekolah lanjutan yang terkenal ini, Iriana akan memberikan sosialisasi tentang narkoba dan kekerasan pada perempuan dan anak. Hanya 20 menit di situ, dia lalu menuju Sikka Covention Center untuk sosialisasi deteksi dini kanker pada perempuan dan seminar parenting.

Usai makan siang, Iriana Joko Widodo dijadwalkan bertemu dengan 3 wanita inspiratif yakni Suster Eustachia Kia, SSpS, selaku pemerhati dan pejuang masalah kekerasan dalam rumah tangga, Direktur Bank Sampah Flores Susilowati Koopman, dan pegiat ekonomi kreatif Sherly Irawati.  (vic)

Komentar ANDA?