20 Napi Ikut Ujian Paket C Di LP Ruteng

0
205
Foto: Kepala LP Ruteng, Antonius H.J Gili

NTTsatu.com – RUTENG – Sebanyak 20 Narapidana (Napi) Lembaga Pembaga Pemasyarakatan ( LP) Ruteng mengikuti ujian paket C hari ini Selasa ( 18/4)  hingga kamis (29/4) di LP Rutan Ruteng.

Ujian paket yang direncanakan tiga hari tersebut sudah dilakukan persiapan sebelumnya oleh pihak Dinas Pendidikan kabupaten  Manggarai dengan pendidikan dan pelatihan dari guru profesional.

“Kami sudah tiga tahun  kerja sama dengan  Dinas Pendidikan di Manggarai,”  kata Antonius H.J Gili kepala LP Ruteng di ruang kerjanya selasa (18/4).

Program ujian paket dilakukan dari  paket A hingga paket C , bagi napi yang putus sekolah ketika masuk rutan diberikan kesempatan penuh untuk menyelesaikan pendidikan di ketiga paket ini/

“Kami ingin ketika napi keluar dari Rutan punya ijasah untuk lamar kerja atapun lanjut ke jenjang pendidikan lebih tinggi,” katanya.

Selama tiga tahun  dilakukan ujian paket , sekitar 40-an mantan napi memiliki ijasah paket C dan ada yang sudah bekerja, ada pula yang lanjut ke pendidikan tinggi.

“Ketika mereka lulus ujian mereka bisa mengambil ijasah di Rutan Ruteng,” katanya.

Setelah ujian paket C, sesuai jadwal dari Dinas Pendidikan,juga dilanjutkan dengan ujian paket B bagi Napi yang belum menyelesaikan pendidikan SLTP dan paket A yang belum tamat SD.

Mengikuti program paket ini bukan berdasarkan atas kemauan Napi tetapi program LP Ruteng agar Napi tidak menemukan kesulitan saat keluar dari LP Ruteng.

Dia berharap semakin banyak program pembinaan dari pihak luar LP semakin menambah pengetahuan dan keterampilan Napi ketika sudah masa waktunya mereka meninggalkan Rutan Ruteng. (mus)

Komentar ANDA?