Bertobatlah Sebab Kerajaan Sorga Sudah Dekat

0
167

Oleh: Rm Ambros Ladjar, Pr

Hari Minggu, 22 Januari 2023.
Bacaan. Yes 8: 23- 9: 3 dan 1Kor 1: 10-13, 17 dan Injil  Mt 4: 12-17.

Pemeran utama iklan Danone Aqua dari PT. Tirta Investama, adalah Dominggus Kabnani (15). Bocil berkulit hitam berambut keriting dari kls 1 SMP Nenotes ini semakin dikenal karena membuka isolasi lewat iklannya. Sebab Desa Noebana, di Amanatun Selatan, TTS saat itu belum ada Air, Listrik dan jalan. Kata Iklannya terkenal adalah: *Air su dekat*. Karena mudah mengambil air, kantong bisa hidup sehat. Sebelumnya mereka harus berjalan jauh, membuang waktu. Setelah program Perusahan Air minum Satu Untuk Sepuluh (SUS) masuk maka kebiasaan warga mulai berubah total. Perilaku hidup bersih & pola hidup sehat mulai tumbuh.

Injil menampilkan kembali Yohanes Pembaptis melebihi Dominggus. Sebab dialah pejuang kebenaran dan kebaikan. Identitasnya sudah kita kenal dalam paparan injil minggu lalu. Namun kekaguman terhadap dirinya mulai redup karena setelah mundur ternyata muncul Yesus yang lebih hebat lagi kuasa-Nya. DIA membela kebenaran dan keadilan sebagai jalan pikihan hidup- Nya. Dari konteks ini dapat dipahami kembali nubuat nabi Yesaya sebelumnya. Di mana bangsa-bangsa yang diam dalam kegelapan kini melihat Terang yang besar dari Galilea. Daerah-daerah yang dianggap gelap dan tak masuk hitungan orang kini ditembusi Terang itu sehingga harapan hidip layak terpenuhi.

Seruan Yohanes tentang pertobatan merupakan pintu masuk guna mendapatkan terang yang besar. Sebab itu orang wajib meninggalkan cara hidup lamanya agar dapat masuk terang hidup baru dalam Kristus. Jikalau orang telah bersatu dengan Kristus dan mengalami kasih-Nya maka mereka ikut ambil bagian dalam karya keselamatan. Karena Yesus mau melibatkan lebih banyak orang dalam pewartaan Injil, Kabar Sukacita. Simon dan Andreas, Yakobus dan Yohanes anak Zebedeus mulai dijaring Yesus. Mereka harus konsekuen dalam kata dan perbuatan sebagai penjala manusia di tengah lingkungan orang yang masih tinggal dalam kekelaman.

Rasul Paulus menyadari bahwa problem kesatuan gereja sudah ada sejak awal. Karena itu dia tekankan bahwa gereja di Korintus merupakan satu gereja sejak awal. Sebab hanya ada satu pembaptisan. Perlu orang menyadari bahwa pewartaan Firman harus berada di atas segalanya. Sebab peran Paulus yang diutus Yesus bukan untuk membaptis tapi untuk memberitakan injil. Peran yang sama juga adalah tugas kita bersama agar banyak orang alami suasana Kerajaan Sorga yang berdaulat, aman dan damai sejahtera. Kerajaan Sorga karena seperti halnya orang Yahudi kita lebih cendrung tegar hati dan tak menerima Yesus di masa hidup kita ini. Bersediakan kita menjadi saksi di masa kini?

*Salam Seroja, Sehat Rohani Jasmani* di Hari Minggu buat semuanya. Tetap taat menjalankan Prokes. *Gong Xi Fa Cai*. Bersyukurlah. Semoga kelimpahan kesejahtaraan hidupmu. Jika TAK ADA, BerDOALAH. Jikalau BELUM ada, BerUSAHALAH. Jikalau masih KURANG Ber- SABARLAH. Jika LEBIH maka BerBAGILAH. Jika CUKUP, berSUKACITALAH. Tuhan memberkati segala aktivitas hidup keluarga anda dengan kesehatan, keberuntungan, sukses dan sukacita yang melingkupi hidupmu… Amin🙏🙏🙏🌹🌹✝️🪷🪷🤝🤝🎁🛍️💰🍇🍇🇮🇩🇮🇩

Pastor Paroki Katedral Kupang

Komentar ANDA?