Bupati Ansar Rera Sampaikan Sambutan, Sejumlah Pelajar Jatuh Pingsan

0
120
Foto: Salah seorang pelajar yang sempat jatuh pingsan saat mengikuti apel bendera memperingati Hari Pahlawan, Jumat (10/11) di Lapangan Umum Kota Baru, korban langsung dibawa ke mobil ambulance untuk mendapatkan pertolongan medis

NTTsatu.com – MAUMERE– Pemandangan yang lazim kembali berulang pada apel bendera di Lapangan Umum Kota Baru. Kali ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Jumat (10/11), sejumlah pelajar jatuh pingsan. Peristiwa ini terjadi di saat Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera sedang menyampaikan sambutan.

Baru beberapa menit Yoseph Ansar Rera membacakan sambutan Menteri Sosial, seorang pelajar SMAN 1 Maumere mengalami pingsan. Pelajar Kelas X itu langsung digotong beberapa rekannya dibantu anggota Tagana Maumere ke mobil ambulance yang stand by di belakang barisan peserta upacara. Ada tiga mobil ambulance yang dikerahkan untuk stand by di sekitar lapangan upacara.

Setelah pelajar ini, menyusul 5 pelajar lain pun mengalami hal yang sama, termasuk dua di antaranya adalah anggota marching band dari SMA Santo Gabriel Maumere. Rata-rata para pelajar yang pingsan adalah perempuan. Korban jatuh pingsan segera dibawa ke mobil ambulance untuk mendapatkan pertolongan dari tim merdis yang disiapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

Para pelajar korban jatuh pingsan ini diperkirakan akibat kelelahan dan kepanasan. Upacara apel bendera itu sendiri dimulai pada pukul 08.00 Wita. Saat itu Kota Maumere sudah cukup panas. Sengatan terik matahari pagi ini antara lain yang membuat sejumlah pelajar harus jatuh pingsan.

Peristiwa jatuh pingsan seperti begini sudah sering terjadi di saat upacara bendera, baik di Lapangan Umum Kota Baru maupun di berbagai tempat lain. Belum ada solusi untuk mengeliminir peristiwa seperti ini, kecuali menyiapkan ambulance sebanyak mungkin untuk membantu percepatan siuman.

Peringatan Hari Pahlawan di Kota Maumere diwarnai juga dengan pelbagai perlombaan seperti tarik tambang, lomba berjalan dengan bakiak, dan permainan perang-perangan. Peserta lomba adalah anggota Polres Sikka, TNI AD, TNI AL, serta mahasiswa dan pelajar. Pemenang dari masing-masing perlombaan mendapatkan hadiah dari panitia penyelenggara.

Usai apel bendera dan perlombaan, Wakil Bupati Sikka Paolus Nong Susar bersama sejumlah pejabat langsung menuju ke Pelabuhan Laurensius Say untuk melakukan penaburan bunga. Acara pemaburan bunga ini sebagai penghormatan dan peringatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam perjuanagan mempertahakan kemerdekaan negara ini. (vic)

Komentar ANDA?