Gedung Tua Dinas P dan K NTT Harus Segera Dirubuhkan

0
145

KUPANG, NTTsatu.com – Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnony menegaskan, bangunan-bangun tua di belakang gedung utama Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT yang dibangun sejak tahun 1958 itu harus segera dirubuhkan. Kondisinya sangat memprihatinkan dan merusak pemandangan.

“Bangunan-bangunan tua ini memang sudah tidak pantas lagi dibiarkan berdiri, karena itu segera diusulkan untuk dirubuhkan dan dibangun yang lebih baik,” kata Wagub ketika meninjau bangunan-bangunan tua itu usaI pembukaan kegiatan O2SN tingkat provinsi NTT di Kupang, Selasa, 26 April 2016.

Benny mengatakan, kondisi bangunan-bangunan tua itu memang tidak layak lagi apalagi listrik juga tidak ada sehingga terkesa angker.

“Nanti Dinas mengusulkan kepada pemerintah untuk pembongkaran dan pembangunan baru. Kita memang kesulitan anggara untuk tahun ini karena masih membutuhkan banyak dana untuk menyelesaikan pembangunan gedung Kantor Gubernur di Jl El Tari, tapi bisa saja dilaksanakan tahun anggaran 2017 atau 2018,” katanya.

Ketua Komisi V DPRD NTT, Winston Rondo yang juga hadir dalam acara pembukaan O2SN itu kepada wartawan mengakui, dia sudah beberapa kali meninjau bangunan tua itu. Namun untuk membangun yang baru masih menunggu tahun anggaran berikutnya.

“Kita sudah minta Dinas P dan K untuk mengusulkan kepaa pemerintah agar dirubuhkan dan dibangun sarana dan prasaran yang lebih mendukung kegiatan dinas ini,” katanya.

Kepala Dinas P dan K Provinsi NTT, Sinun Petrus Manuk kepada wartawan mengatakan, Kementerian P dan K sudah datang melihat dan melakukan uji petik kelaikan gedung tua itu. Mereka juga mengatakan, harus dibongkar dan dibangun baru.

“Kita sudah pesiapkan usulan itu kepada pemerintah provinsi, namun kita belum ajukan karena kita tahu pemerintah provinsi masih memebutuhkan dana yang besar untuk penyelesaian gedung baru Kantor Gubernur,” katanya.

Dia mengatakan sebagian gedung tua itu hanya dicat saja dan dimanfaatkan untuk beberapa UPTD seperti UPTD Bahasa, Arkeologi dan satunya lagi untuk kantor Badan Akkreditasi Nasonal.

Meneurut Manuk, jika disetujui untuk dirubuhkan maka dia merencanakan akan membangun sejumlah fasitas olah raga seperti lapaangan voli, futsal, badminton sehingga jika ada kegiatan seperti O2SNN ini, tidak perlu lagi menyewa lapangan di tempat lain. (bp)

=====

Foto: Wagub NTT, Benny Litelnonya ketika meninjau bangunan tua yang dibangun sejak tahun 1958 itu

Komentar ANDA?