Kodim Sikka Kirim Empat Pelajar Mengikuti Perayaan HUT TNI di Jakarta

0
393
Foto: Empat pelajar utusan Kodim Sikka (paling depan) yang baru kembali mengikuti Wawasan Nusantara sempat pose bersama sejumlah anggota Kodim Sikka, Sabtu (7/10)

NTTsatu.com – MAUMERE – Hendrikus Fernandez dan kawan-kawan tidak menyangka bisa menginjakkan kaki mereka di Jakarta, ibukota Republik Indonesia. Meskipun hanya beberapa hari saja, para pelajar dari Desa Darat Pantai Kecamatan Talbura itu  mengaku bangga karena mendapatkan kesempatan itu. Dan semua ini berkat inisiatif Kodim 1603 Sikka, dalam rangka merayakan HUT ke-72 TNI yang baru lalu.

Dandim Sikka Abdullah Jamali sebelumnya mengirim empat pelajar utusan dari Kodim Sikka untuk mengikuti Wisata Nusantara ke-2. Mereka yang dikirim adalah Hendrikus Fernandez SMKN 1 Talibura Kelas X Jurusan Tanaman Pangan Holtikultura, Abdullatif SMAN 1 Talibura Kelas X Jurusan IPS, Kainudin SMKN 1 Talibuta Kelas XI Jurusan Tanaman Perkebunan, dan Yohanes Gulbertus SMKN 1 Kelas XI Jurusan Tanaman Perkebunan.

Abdullah Jamali punya alasan khusus mengirim empat pelajar dari wilayah Desa Darat Pantai Kecamatan Talibura. Sebelumnya TNI pernah melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dipusatkan di Desa Darat Pantai. Keempat pelajar ini antara lain merupakan anak asuh prajurit.

“Jadi ini merupakan wujud terima kasih TNI kepada masyarakat dalam mendukung dan membantu TNI pada pelaksanaan TMMD beberapa waktu lalu, dan mereka yang dikirm ini adalah anak asuh prajurit,” ujar Abdullah Jamali.

Wisata Nusantara itu sendiri diikuti oleh utusan siswa sekolah dari seluruh penjuru tanah air. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, Rabu-Jumat (4-6/10), diselenggarakan dalam rangka peningkatan wawasan kebangsaan (wasbang) dan peringatan HUT TNI ke-72.

Para pelajar utusan Kodim Sikka ini telah kembali pada Sabtu (7/10) melalui Bandara Frans Seda Maumere. Mereka dijemput Danramil Talibura, Perwira Seksi Teritorial dan Perwira Seksi Intel. Sebelum dikembalikan ke rumah mereka masing-masing, para pelajar ini sempat beristirahat sejenak di Markas Kodim Sikka.

Hendrikus Fernandez mengaku senang dan bangga karena dia bersama kawan-kawannya dipilih dan dipercayakan mengikuti Wisata Nusantara. Mereka banyak belajar dan mengetahui hal-hal baru yang selama ini hanya mereka ikuti melalui cerita, koran, televisi, dan lain-lain.

“Terima kasih Kodim Sikka, khususnya Dandim Sikka yang sudah mengutus kami. Ini pengalaman yang sulit kami lupakan,” ungkap Hendrikus Fernandez.

Selama tiga hari di Jakarta, cerita Hendrikus Fernandez, mereka diperkenalkan tentang TNI-AD, TNI-AL, dan TNI-AU. Mereka juga berkesempatan mengikuti puncak peringatan HUT TNI di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon. Menuju Cilegon, utusan siswa sekolah dari seluruh tanah air ini berlayar dengan kapal perang KRI Nusanive 973.

Hendrikus Fernandez merasakan pengalaman yang sangat berkesan di Cilegon ketika diperkenalkan berbagai macam alutsista (alat utama sistem pertahanan) TNI. Apalagi bisa bertemu dan melihat langsung Panglima TNI, dan mendapat bekal tambahan wawasan kebangsaan. (vic)

Komentar ANDA?