Pemprov NTT Diundang Kukuhkan Paguyuban Flobamora Papua

0
150

KUPANG. NTTsatu.com – Masyarakat asal NTT yang berdomisili di Papua Barat telah membentuk Paguyuban Flobamora Papua Barat. Paguyuban ini akan segera di kukuhkan dan mereka meminta kesediaan pemerintah provinsi NTT untuk hadir dan mengukuhkan paguyuban tersebut.

Ketua Paguyuban Flobamora Papua Barat, Clinton Tallo bersama sejumlah pengurus Flobamora Papua Barat mengatakan hal itu ketika bertemu Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Beny Litelnony di Kupang, ,Jumat, 14 Agustus 2015.
Dalam pertemuan itu Clinton mengatakan, warga NTT yang tinggal di Papua Barat mencapai 40 ribu orang. Paling banyak adalah transmigrasi yang bekerja sebagai buruh bangunan dan lainnya.
“Banyak warga NTT di Papua Barat, sehingga kami membentuk sendiri paguyuban Flobamora di daerah itu,” kata Clinton.
Pada kesempatan itu dia mengeluhkan sulitnya transportasi laut dari NTT ke Papua Barat dan sebaliknya, sehingga warga NTT di Papua kesulitan untuk pulang kampung. “Kapal Pelni hanya melayani hingga Makasar, sehingga kami kesulitan,” katanya.
Dia mengaku tidak banyak warga NTT yang bisa menggunakan transportasi udara karena biaya cukup mahal. Jika ada pun yang menggunakan transportasi udara sering kecopetan saat transit di Makasar. “Saya pernah menemui lima warga NTT yang kecopetan dan tidak bisa pulang,” katanya.
Karena itu, dia berharap adanya koordinasi antara Pemerintah Papua Barat dan NTT untuk membuka jalur transportasi laut sehingga bisa membuka akses antar dua daerah itu. “Kami berharap ada transportasi laut dari NTT ke Papua dan sebaliknya,” katanya.
Pada kesempatan itu, Clinton juga menyampaikan undangan kepada Pemerintah NTT untuk menghadiri acara pelantikan pengurus paguyuban Flobamora Papua Barat yang sedianya akan digelar pada 29 Agustus 2015 di Sorong.
Wakil Gubernur NTT Beni Litelnoni mengatakan akan melakukan koordinasi dengan Gubernur NTT dan pimpinan SKPD untuk menghadiri pelantikan tersebut. “Kami akan sampaikan agar bisa ada yang mewakili NTT untuk menghadiri acara tersebut,” katanya.
Sebelumnya Paguyuban ini juga telah menemui Wali Kota Kupang, Jonas Salean dan memberian undangan untuk menghadiri acara pelantikan itu. (bp).
====
Foto: Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnony

Komentar ANDA?