Timbul Batu Bara: Kelestarian Hutan Menjadi Tanggung Jawab Bersama

0
741
NTTsatu.com – KUPANG – Kepala Balai Besar Konservasi  Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Tipmur (NTT), Timbul Batu Bara terus mendorong berbagai elemen masyarakat agar bersama menjaga kelestarian hutan dan habitatnya.
Keberlangsungan kawasan hutan lindung dan habitatnya adalah tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat. Jika ditunjukkan dengan baik maka akan menjadj sebuah hal yang indah dan menarik dan mendatangkan manfaat yang besar.

Kepada wartawan di Naka Hotel, Jumat, 20 Desember 2019, Timbul yang didampingi Frans Sarong mengatakan, bukan hanya tugas BBKSDA, tapi seluruh elemen masyarakat wajib menjaga dan melestarikan kawasan hutan lindung dan semua habitat yang ada d dalamnya.

Timbul mengatakan, jika kawasan hutan dan habitatnya tidak dijaga dengan baik maka akan merugikan masyarakat jika terjadi bencana hingga jatuhnya korban jiwa.

“ Sudah banyak kasus tanah longsor dan banjir yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia. Itu karena kawasan hutan tidak dijaga denan baik. Itu kelalaian manusia sendiri,” katanya.

Untuk itu, BBKSDA NTT, lanjut Timbul, akan menggandeng seluruh elemen masyarakat agar bersama – sama menjaga kelestarian hutan dan habitatnya. Elemen masyarakat itu diantaranya para tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan pers.

“ Hal ini sudah kami lakukan ini di Menipo saat menggelar festival dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat disana,” ujarnya.

Pada kesempatan yabg sama wartawan senior, Frans Sarong mengajak wartawan untuk membawa misi di setiap kegiatan untuk mengabarkan tentang bahaya dan pelestarian kawasan hutan.

“ Kalau bisa saat ada kegiatan di daerah juga dikabarkan tentang kawasan hutan di sana dan bagaimana melestarikannya dan bisa diawasi bersama masyarakat setempat,” katanya.

Frans mengatakan,  para wartawan hendaknya menjadj pewarta yang baik. Apa yang diwartakan itu harus benar-bebar menunjukkan nilai positip kepada banyak orang. (bp/ tim)

Komentar ANDA?